ADVERTISEMENT

Akhir Pekan Pertama Saat Tebet Eco Park Ditutup: Tanpa Parkir Liar-PKL

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 18 Jun 2022 10:39 WIB
Tebet Eco Park, Sabtu 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)
Tebet Eco Park, Sabtu, 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Pagi ini adalah akhir pekan pertama saat Tebet Eco Park ditutup sementara. Lokasi yang semula berjubel parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) kini diuji coba menjadi zona emisi rendah.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 09.20 WIB, Sabtu (18/6/2022), terlihat taman yang masih sepi pengunjung. Hanya terlihat beberapa orang yang tengah berolahraga di sepanjang jalan di sekitar kawasan Tebet Eco Park.

Tak ada parkir liar, tak ada pula PKL dan sampah berserakan. Portal dipasang. Pemandangan ini berbeda dengan situasi beberapa waktu lalu yang sempat dipenuhi pengunjung.

Di Jl Tebet Barat, terlihat spanduk yang dibentangkan bertuliskan 'Uji Coba Zona Emisi Rendah Kawasan Tebet Eco Park. Selain Kendaraan Penghuni Dilarang Melintas'. Selain itu, di pintu masuk selatan Tebet Eco Park terlihat spanduk terbentang yang bertulisan 'Penutupan Sementara Tebet Eco Park'

Terlihat juga beberapa petugas, mulai petugas Dinas Perhubungan (Dishub) hingga Satpol PP, yang berjaga di sana. Terlihat mereka memberhentikan kendaraan yang akan masuk ke kawasan taman.

Tebet Eco Park, Sabtu 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)Tebet Eco Park, Sabtu 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)

Salah seorang petugas Dishub, Denny, mengatakan masyarakat yang akan melintas ditanya maksud dan tujuannya. Jika penghuni sekitar, diperbolehkan masuk membawa kendaraannya. Namun, jika pengunjung taman, mereka diarahkan tidak memarkir kendaraan di sana.

"Ditanya dulu mau ke mana, terus tujuannya apa. Kalau memang penghuni, ya silakan masuk. Kalau bukan, kita arahkan untuk putar balik," kata

Denny mengatakan masyarakat pejalan kaki yang ingin menikmati kawasan sekitar taman masih diperbolehkan. Tapi tidak bisa memasuki taman karena tengah ditutup sementara.

"Lagi ditutup sementara. Kalau mau jalan-jalan, boleh. Kalau masuk, belum boleh," ujarnya.

Tebet Eco Park, Sabtu 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)Tebet Eco Park, Sabtu 18 Juni 2022, pukul 10.00 WIB. (Wildan Noviansah/detikcom)

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Ridwan, mengatakan, meskipun sudah tahu Tebet Eco Park ditutup, dirinya masih tetap memilih berolahraga di sini.

"Sudah tahu (ditutup). Tapi tetep aja olahraga di sini. Deket juga kan dari rumah, terus juga enak suasana. Kebetulan libur, jadi ke sini," ujarnya.

Ridwan berharap, ke depannya, Taman Tebet Eco Park bisa dibuka kembali agar masyarakat bisa beraktivitas dengan normal, khususnya di dalam area taman.

"Harapannya sih bisa dibuka lagi. Kita bisa keliling lagi di taman, olahraga, jadi lebih aman lebih nyaman," pungkasnya.

Selanjutnya, penjelasan Pemprov DKI:

Simak Video 'Maaf, Tebet Eco Park Tutup Sementara hingga Akhir Juni':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT