ADVERTISEMENT

DPP NasDem Tak Jagokan Prabowo Jadi Capres dalam Rakernas

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 12:27 WIB
Ketum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu di kantor NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat.
Prabowo Subianto dan Surya Paloh (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Peluang Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju menjadi capres usungan NasDem semakin kecil. Sebab, nama Prabowo tidak direkomendasikan DPP NasDem sebagai capres saat rapat internal tadi malam.

Keterangan itu disampaikan oleh Ketua DPP NasDem Willy Aditya saat menjawab perihal ada atau tidaknya nama Prabowo dalam tiga nama yang bakal diusulkan DPP NasDem ke Ketum NasDem Surya Paloh. Ketiga nama capres yang diusulkan itu berdasarkan sejumlah nama yang direkomendasikan oleh DPW.

"Ya... nama yang disebutkan oleh DPW kemarin yang ada," kata Willy kepada wartawan di venue Rakernas NasDem di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

Dia menerangkan tidak akan ada nama figur yang tiba-tiba menjadi usulan DPP NasDem. Menurutnya, tidak ada kandidat baru di luar rekomendasi DPW NasDem.

"Tidak ada nama yang ujuk-ujuk bimsalabim abrakadabra, terus ada nama baru, tidak," ungkap Willy.

Peluang Prabowo Jadi Capres NasDem Sempat Terbuka

Sebelumnya, nama Prabowo Subianto tidak dijagokan DPW NasDem maju sebagai capres dalam Rakernas 2022. Nama Menteri Pertahanan itu hingga saat ini belum masuk bursa capres NasDem.

Namun Sekjen NasDem Johnny G Plate menjawab nama Prabowo dan Ketua Umum (Ketum) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masih berpeluang dipilih jadi capres NasDem. Sebab, menurut Plate, sejumlah usulan nama capres yang diusulkan DPW dalam Rakernas NasDem itu masih dapat berubah sewaktu-waktu.

"Makanya jangan prefer pada hasil yang tadi saja. Saya kan sudah sampaikan tadi bahwa ini baru usulan yang sangat awal," ujar Plate di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022).

Plate mengatakan nama-nama capres yang sudah diusung oleh DPW masih akan melewati beberapa tahapan proses. Rencananya, DPP NasDem baru memberikan tiga rekomendasi nama capres kepada Ketum NasDem Surya Paloh pada Jumat (17/6/2022) hari ini.

"Prosesnya akan melalui beberapa tahap, sehingga lebih baik menunggu sampai nanti short list tiga nama," ungkap Plate.

Simak juga 'Masuk Radar NasDem untuk Pilpres 2024, Ganjar: Saya PDI Perjuangan!':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT