ADVERTISEMENT

Alasan Penolakan UAS di Jonggol: Bukan Penceramah Rekomendasi Kemenag

M Sholihin - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 11:43 WIB
Ustaz Abdul Somad menegaskan dirinya tak perlu minta maaf soal video salib yang beredar luas. Somad menegaskan yang dibicarakannya adalah soal akidah Islam.
Ustaz Abdul Somad atau UAS (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Penolakan terhadap ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) di Jonggol, Kabupaten Bogor, sempat viral di media sosial. Ada sejumlah alasan yang menjadi dasar penolakan, salah satunya UAS bukanlah penceramah yang direkomendasikan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Dalam video yang viral, ada salah seorang pria menjelaskan alasan menolak kedatangan UAS ke Jonggol. Pria tersebut diketahui bernama Ari Indra David.

Ari menjelaskan dua alasan penolakan, salah satunya terkait status UAS menurut Kemenag.

"Kenapa juga kita menolak, karena UAS tidak masuk daftar penceramah yang direkomendasikan Kemenag. Terus pernah juga dilaporkan karena penistaan agama juga beberapa tahun lalu," kata Ari saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (16/6/2022).

Alasan lainnya perihal kehadiran UAS pada 2013 dalam acara Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI (dibubarkan pemerintah Juli 2017). Ari mengaku khawatir akan ceramah UAS.

"Seperti itulah (menolak UAS), intinya begitu. Kami khawatir yang seperti yang dulu, karena memang tidak ada permintaan maaf secara langsung atau klarifikasi dari pihak UAS kaitannya dengan beliau dalam acara HTI pada 2013 itu. Ada di link YouTube itu. Artinya, kami masih khawatir itu masih melekat dengan apa yang dia ceramahkan," terang Ari.

Meski ada penolakan, ceramah UAS di Jonggol tetap bisa digelar. Rencananya, UAS akan berceramah dalam acara tablig akbar di Masjid Cikal Harapan, yang berada di dalam kawasan Perumahan Citra Indah City, Jonggol. UAS akan berceramah sekitar 1 jam mulai pukul 20.30-21.30 WIB.

Sekadar mengingatkan, Kemenag pada 2018 merilis 200 daftar mubalig atau penceramah yang direkomendasikan. Simak daftar penceramah tersebut dengan klik link di bawah ini.

Simak Video 'Duduk Perkara Warga Tolak UAS Ceramah di Jonggol':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT