ADVERTISEMENT

Respons Roy Suryo Bakal Dipolisikan soal Meme Stupa Candi Borobudur

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 17 Jun 2022 01:16 WIB
Eks Menpora Roy Suryo diperiksa sebagai saksi pelapor atas dugaan pencemaran nama baik. Roy Suryo turut memamerkan bukti cuitan Ferdinand Hutahaean.
Foto: Andhika Prasetia

Roy menyebut, hingga kini pihaknya belum berkomunikasi dengan organisasi Dharmapala Nusantara dengan alasan tidak memiliki kontak mereka. Tapi jika punya, kata Roy, dirinya bersedia unutk berkomunikasi denhan mereka.

"Kebetulan saya belum memiliki kontak Kevin Wu bersama organisasi Dharmapala Nusantara. Tentu dengan segala hormat saya bersedia untuk berkomunikasi dan kita jelaskan. Karena berdasarkan apa yang dihujat, mereka mengira saya yang memposting pertama," kata dia.

"Bahkan mereka mengira saya yang mengedit sama sekali tidak ada. Dan bahkan niat untuk mencemarkan seseorang, atau bahkan mencemarkan yang dihormati oleh masyarakat Budha sama sekali tidak ada. Disitu saya komentar soal naiknya harga tiket Borobudur dan dirasakan oleh semua, dan alhamdulillah tidak jadi naik," imbuhnya.

Roy Suryo Akan Dipolisikan

Roy Suryo akan dipolisikan gara-gara mengunggah foto editan stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi. Pelapornya adalah organisasi Buddha Dharmapala Nusantara.

"Iya (akan dilaporkan) jam 1 (siang) besok. Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak, yang pertama yang diduga mengedit lalu juga yang menyebarluaskan, pemilik akun @KRMTRoySuryo2 ," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, saat dihubungi wartawan, Kamis (16/6/2022).

Seperti diketahui, Roy Suryo mengunggah sebuah postingan yang menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur yang mencapai Rp 750 ribu. Dalam unggahan tertanggal Jumat (10/6) itu, Roy Suryo menyertakan 2 meme stupa Borobudur yang sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi.

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR," cuit Roy Suryo.

Meski Roy Suryo sudah menghapus unggahan itu, namun menurut Kevin, mantan Menpora itu sudah elakukan pelanggaran ketika menyebarluaskan kembali gambar yang sudah jelas bahwa itu adalah sebuah editan.

"Ketika beliau menyebarluaskan dengan itikad yang terkesan iktikadnya tidak baik, itu kan ada pelanggaran di sana. Lalu ketika dia juga mulai menyebut atau menyeret nama nama lain, itu kan hal yang berbeda. Jadi dua hal yang berbeda, bahwa ketika seseorang yang diduga melakukan pelanggaran hukum lalu dia katakan sebelumnya juga dia melakukan perlawanan hukum yang sama, itu kan gak bisa dibenarkan," jelasnya.

Menurut Kevin, apa yang sudah dilakukan Roy Suryo sudah melukai umat Buddha. Sebagai tokoh publik, Roy Suryo seharusnya memberikan contoh yang baik, bukan malah memperkeruh suasana bangsa.

"Beliau ini sudah pernah menjabat sebagai tokoh nasional sebagai menteri pemuda olahraga loh. Menteri kepemudaan, harusnya menjadi teladan menjadi contoh. Dan ini dengan dia melakukan yang kami umat Buddha merasa ini adalah penodaan. Ini kan tidak bisa dibenarkan dan kalau tokoh selevel dia melakukan itu dan dibiarkan, apa yang terjadi dengan bangsa ini," kata dia.


(mea/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT