ADVERTISEMENT

Hari Penyu Sedunia 16 Juni: Tema, Sejarah, dan Cara Merayakannya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 12:42 WIB
Hari Penyu Sedunia diperingati pada tanggal 16 Juni setiap tahunnya. Hari Penyu Sedunia bertujuan untuk menyoroti pelestarian hidup penyu.
Hari Penyu Sedunia 16 Juni: Tema, Sejarah, dan Cara Merayakannya (Foto: Getty Images/Anthony Devlin)
Jakarta -

Hari Penyu Sedunia diperingati pada tanggal 16 Juni setiap tahunnya. Hari Penyu Sedunia bertujuan untuk menyoroti pelestarian hidup penyu.

Selain itu, Hari Penyu Sedunia juga bertujuan mendorong para pendukung global untuk memahami lebih dalam terkait ancaman yang dihadapi penyu dalam keberlangsungan hidup mereka. Berikut serba-serbi Hari Penyu Sedunia 2022.

Tema Hari Penyu Sedunia 2022

Dilansir dari laman Sea Turtle Week, tema peringatan Hari Penyu Sedunia 2022 menggunakan kampanye tagar #SeaTurtleWeek dan #WorldSeaTurtleDay. Kampanye tagar tersebut dapat diunggah melalui akun media sosial untuk meningkatkan perhatian secara global tentang Hari Penyu Sedunia.

Hari Penyu Sedunia dirayakan untuk mendorong masyarakat secara global demi meningkatkan kesadaran akan penderitaan yang dialami oleh penyu. Sebagaimana makhluk hidup lainnya, penyu adalah hewan yang indah yang menunjukkan ketekunan dan ketahanan yang luar biasa.

Penyu mampu bersarang di pantai selama jutaan tahun lamanya. Mengutip laman National Today, penyu adalah salah satu makhluk tertua di Bumi, setelah tidak berubah selama kurang lebih 110 juta tahun lamanya.

Hari Penyu Sedunia 16 Juni: Sejarah, Tema, dan Cara MerayakannyaHari Penyu Sedunia 16 Juni: Ini Serba-serbinya (Foto: https://www.seaturtleweek.com/)

Sejarah Hari Penyu Sedunia

Melansir dari laman Sea Turtle Conservancy, Hari Penyu Sedunia diusung oleh pendiri Sea Turtle Conservancy sekaligus yang dikenal sebagai "Bapak Biologi Penyu", yakni Dr. Archie Carr. Perayaan Hari Penyu Sedunia pada 16 Juni adalah hari yang sama dengan hari ulang tahun Dr. Archie Carr.

Hal tersebut untuk mengenang jasanya akan upaya peningkatan gerakan konservasi penyu. Penelitian Dr. Archie Carr menyoroti kondisi mengancam yang terus berdampak pada penyu.

Menurut laman National Day Calendar, pada tahun 2000, Organisasi Konservasi Penyu melakukan perkumpulan untuk membahas tentang peringatan Hari Penyu Sedunia Kemudian, tanggal 16 Juni dipilih sebagai tanggal peringatannya sekaligus untuk menghormati jasa Dr. Archie Carr.

Cara Merayakan Hari Penyu Sedunia 2022

Dalam laman resmi Sea Turtle Conservancy, ada beberapa cara untuk memperingati Hari Penyu Sedunia 2022. Berikut cara-caranya.

  1. Matikan lampu
    Bagi yang bertempat tinggal di tepi pantai, matikan lampu atau gunakan pencahayaan yang ramah penyu. Lampu menyebabkan penyu bersarang dan tukik berkeliaran.
  2. Membersihkan pantai
    Sampah yang ada di pantai dapat menghalangi sarang penyu. Oleh karena itu, pantai yang bersih dapat membuat penyu mempunyai sarang yang bersih pula.
  3. Melakukan daur ulang
    Limbah plastik di lautan akan dimakan penyu karena mereka mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Faktanya, lebih dari 100 juta hewan laut dibunuh setiap tahunnya karena limbah plastik. Sehingga, mengurangi penggunaan plastik dan menggunakan produk daur ulang dapat mengurangi penggunaan plastik dan limbahnya di lautan.

Demikian serba-serbi perayaan Hari Penyu Sedunia 2022. Mari tingkatkan kepedulian tentang kehidupan penyu.

Simak juga 'Melihat Momen Pelepasliaran Anak Penyu di Pantai Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT