ADVERTISEMENT

Dewan Pakar Pilih 3 Penerima Hoegeng Awards 2022

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 16 Jun 2022 12:29 WIB
Rapat Dewan Pakar Hoegeng Award 2022
Rapat Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta -

Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022 menggelar rapat terakhir. Dalam rapat ini, Dewan Pakar telah menentukan tiga penerima penghargaan Hoegeng Awards 2022 dalam tiga kategori. Hasilnya akan diumumkan dalam malam penganugerahan yang akan digelar pada 1 Juli 2022.

Rapat tersebut digelar di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2022). Hadir langsung dalam rapat Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto, Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Qotrunnada Wahid, dan Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ahmad Sahroni hadir secara online. Lalu, komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Mohammad Choirul Anam, yang sejak awal terlibat dalam proses penjurian, memberikan hak suara kepada komisioner Kompolnas Poengky Indarti. Choirul Anam sedang berada di Swiss untuk mengikuti sidang Dewan HAM.

Benny Mamoto mengatakan dinamika dalam rapat terakhir itu cukup tinggi. Sebab, Dewan Pakar menentukan penerima penghargaan dari puluhan ribu kandidat yang diusulkan oleh masyarakat.

"Sekali lagi ingin saya sampaikan bahwa ini semua berangkat dari usulan dan masukan dari masyarakat, sehingga lingkupnya pun sepanjang yang diusulkan masyarakat. Orang mungkin bertanya, kan banyak polisi lain yang baik? Iya, cuma yang diusulkan masyarakat yang masuk ke tim ya nama-namanya itu, barulah itu didalami, diseleksi, mengerucut sampai dengan 9 nama," kata Benny di lokasi.

Dia menyebut, dari tiga kategori yang ada, menentukan calon penerima penghargaan Polisi Berintegritas-lah yang paling sulit. Sebab, kata dia, penilaian untuk sosok polisi itu bisa dilakukan semua pihak yang pernah bersentuhan atau tahu dengan figur tersebut.

"Ini kan sangat sensitif sehingga nanti bisa muncul komentar yang berbeda dengan penilaian kita. Maka kita sangat hati-hati untuk kriteria itu," ucapnya.

Lalu untuk kategori Polisi Inovatif, Benny menilai banyak polisi yang berinovasi dalam pelaksanaan tugasnya. Ia dan Dewan Pakar lainnya pun mendalami beberapa aspek untuk menentukan penerima penghargaan kategori Polisi Inovatif.

Sementara itu, untuk kategori Polisi Berdedikasi juga banyak sosok figur polisi yang berdedikasi. Mulai satuan Binmas, Polairud, hingga satuan Brimob yang aktif di bidang sosial kemasyarakatan.

"Nah inilah yang tadi sudah didiskusikan dan kami sudah sepakat untuk menentukan siapa yang nantinya akan diberi penghargaan," ujarnya.

Baca selengkapnya pada halaman berikut.

Simak juga 'Mpok Imeh, Polwan Baik Hati Asal Muara Gembong':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT