Pendidikan di Ponpes Khilafatul Muslimin Bekasi Gratis, Dari Mana Dananya?

ADVERTISEMENT

Pendidikan di Ponpes Khilafatul Muslimin Bekasi Gratis, Dari Mana Dananya?

Dwi Rahmawati - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 22:51 WIB
Ponpes Ukhuwaah Islamiyah di bawah naungan Khilafatul Muslimin Bekasi.
Ponpes Ukhuwaah Islamiyah di bawah naungan Khilafatul Muslimin Bekasi. (Dwi Rahmawati/detikcom)

Kelanjutan Ponpes Tunggu Pemerintah

Abu Salma mengatakan kegiatan pembelajaran di setelah SW ditangkap masih terus berlanjut dengan alasan santri didominasi dari luar daerah. Jika diberhentikan, lanjut Abu, akan membuat mereka kesulitan.

Meski demikian, pihaknya terbuka dengan arahan yang diberikan polisi maupun pemerintah kota setempat.

"Kita nunggu arahan dari aparat kalau memang kalau kita merugikan masyarakat setempat, merugikan pemerintah atau bahkan menyakiti orang-orang tertentu pertama kita lakukan minta maaf kepada pihak-pihak terkait," papar Abu.

"Yang kedua pihak kita minta edukasi dari pemerintah arahan. Ketiga kalau kita bersalah tolong diingatkan, misal legalitas salah tolong dibantu. Kalau ini dianggap mengkhawatirkan, kami mohon pemerintah untuk melihat secara langsung kegiatan kami di Pondok," imbuhnya.

30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin


Sebelumnya diketahui, Polda Metro Jaya menangkap AS, Menteri Pendidikan Khilafatul Muslimin. Polisi mengungkapkan AS berperan menyebarkan doktrin khilafah ke masyarakat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan, dari hasil pendataan sejauh ini, ditemukan ada puluhan sekolah yang terafiliasi dengan ajaran Khilafatul Muslimin yang dilakukan oleh AS sebagai menteri pendidikan.

"Kita juga mendapatkan data bahwa ada beberapa sekolah, hampir 30 sekolah yang sudah terafiliasi dengan ajaran khilafah. Yang mana ini dilakukan atau penanggung jawabnya dalam ormas Khilafatul Muslimin ini adalah tersangka AS yang kita tangkap dini hari tadi di Mojokerto," jelas Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6).

Hanya, Zulpan belum merinci sekolah mana saja yang terafiliasi dengan ajaran Khilafatul Muslimin. Ia juga belum menjelaskan lebih lanjut soal doktrin yang dilakukan oleh tersangka AS.

"(Daftar sekolah) nanti disampaikannya belum bisa sekarang. Tapi ini sebagai awalan, artinya dari hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan. Artinya, ini merupakan dasar penyidik juga melakukan penangkapan terhadap tersangka tersebut," papar Zulpan.


(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT