Kilas Balik Anies Resmikan Tebet Eco Park 2 Bulan Lalu, Kini Tutup Sementara

ADVERTISEMENT

Kilas Balik Anies Resmikan Tebet Eco Park 2 Bulan Lalu, Kini Tutup Sementara

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 11:36 WIB
Anies mencoba trampolin di Tebet Eco Park (Wildan-detikcom)
Anies mencoba trampolin di Tebet Eco Park (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Tebet Eco Park ditutup sementara setelah semrawut gegara marak pedagang kaki lima dan menjalarnya parkir liar. Wajah kusut Tebet Eco Park berbanding terbalik dengan harapan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Tebet Eco Park diresmikan Anies pada Sabtu (23/4/2022). Kala itu Anies menyatakan taman tersebut akan difungsikan untuk kolam retensi sebagai pengendali banjir.

"Nanti, ketika air naik, air ditampung di kanan-kirinya. Ini memang berfungsi sebagai kolam retensi di musim hujan," kata Anies di lokasi, Jumat (23/4/2022).

Anies menuturkan, saat terjadi hujan, banjir akan dialirkan ke sungai yang ada di taman. Nantinya genangan air banjir bisa ditampung di sana.

"Sungai ini, nanti ketika air naik, air ditampung di kanan-kirinya. Sehingga, bila musim hujan, air meningkat, maka air itu akan ditampung di taman ini," ujarnya.

"Jadi taman ini berfungsi sebagai penampungan air ketika volume air meningkat di musim hujan. Ketika air surut, bisa digunakan lagi," sambung Anies.

Harapan Anies Tebet Eco Park

Anies dalam akun Instagramnya @aniesbaswedan sempat menyampaikan, Tebet Eco Park merupakan taman berskala besar ketiga yang direvitalisasi Pemprov DKI. Dia berharap taman-taman di Jakarta ramah anak dan keluarga setelah direvitalisasi.

"Tebet Eco Park adalah taman berskala besar (taman grande) ketiga yang direvitalisasi oleh Pemprov DKI, setelah Taman Mataram dan Taman Puring. Taman-taman kota di Jakarta direvitalisasi menjadi taman dan ruang terbuka hijau yang ramah anak dan keluarga. Selain itu, taman sebagai sarana interaksi warga yang dapat diakses siapa pun, termasuk penyandang disabilitas," tulis Anies Baswedan menyertai foto-foto yang diunggahnya, seperti dilihat, Sabtu (7/5/2022).

Dalam unggahannya itu Anies juga menyertakan foto-foto momen berkeliling di Tebet Eco Park.

Anies juga bertanya apakah masih ada yang kurang dari Tebet Eco Park. Dia mengajak warga menyampaikan saran soal Tebet Eco Park lewat aplikasi JAKI.

"Bila teman-teman punya kritik atau saran untuk Tebet Eco Park, silakan sampaikan lewat aplikasi JAKI," tutur Anies.

Ditutup Sementara gegara Ramai PKL-Parkir Liar

Pemprov DKI Jakarta memutuskan menutup sementara Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. Taman itu bakal ditutup hingga akhir Juni mendatang.

Penutupan dilakukan setelah semrawut gegara PKL dan parkir liar. Pemprov DKI juga tengah melakukan rapat untuk mengambil langkah antisipasi keramaian di Tebet Eco Park.

"Terima kasih teman untuk antusiasme selama dua bulan ini. Untuk kenyamanan bersama, Tebet Eco Park akan ditutup hingga akhir Juni," demikian pengumuman yang ditulis melalui Instagram resmi Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta, @tamanhutandki pada Selasa (14/6/2022) malam.

Adapun penutupan diberlakukan dalam rangka pemeliharaan serta perbaikan taman. Distamhut DKI juga menyampaikan terima kasih atas antusiasme masyarakat sejak taman itu dibuka kembali.

"Eits, tapi jangan berkecil hati. Kami akan kembali. Nantikan pada pemberitahuan selanjutnya ya, sampai jumpa!" jelasnya.

Terakhir, Distamhut DKI juga merekomendasikan taman-taman lainnya di Ibu Kota sebagai alternatif Tebet Eco Park.

"Sembari menunggu Tebet Eco Park dibuka, yuk intip taman-taman cantik di Jakarta yang bisa kamu kunjungi," tuturnya.

Simak juga 'Saat Anies Jajal Trampolin-Alat Olahraga Saat Resmikan Tebet Eco Park':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT