ADVERTISEMENT

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo Bakal Dilantik Jadi Wamenkop UKM

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 09:09 WIB
Rahayu Saraswati atau Sara Djojohadikusumo menjalani sesi foto di kantor detikcom
Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Ada 2 menteri dan 3 wakil menteri (wamen) yang kabarnya akan dilantik Presiden Jokowi hari ini. Satu dari 3 wamen yang akan dilantik adalah politikus Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Bocoran dari salah seorang narasumber detikcom, Rabu (15/6/2022), Rahayu akan dilantik menjadi Wakil Menteri Koperasi dan Usaha Kecil-Menengah (Wamenkop UKM). Pemberitahuan soal kursi untuk Rahayu kabarnya disampaikan oleh Jokowi dalam pertemuan dengan Prabowo, Selasa (14/6) kemarin sore.

Namun saat dihubungi pada Selasa (14/6) malam, Rahayu mengaku belum menerima informasi resmi dari Istana. "Belum, Mas, nggak ada info," ujar Rahayu singkat saat ditanya soal kabar penunjukan dirinya sebagai wamen.

Selain Rahayu, Jokowi akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Satu kursi wamen lain kabarnya akan diisi kader PSI. Nama yang santer disebut adalah eks Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini. Sejumlah pejabat tinggi sudah menerima pemberitahuan perihal pelantikan ini.

Perihal isu reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. Istana menyatakan kapan pun waktunya, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6) kemarin.

Simak juga 'Jokowi Dikabarkan Akan Lantik Zulhas Jadi Mendag':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT