Keluarga Dukung JIS Diubah Jadi Stadion MH Thamrin

Sudrajat - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 06:13 WIB
Jakarta International Stadium (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Jakarta -

Keluarga besar Pahlawan Nasional Mohammad Husni (MH) Thamrin mendukung dan menghargai usulan untuk mengganti nama Stadion Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion MH Thamrin. Apalagi usulan itu dilakukan dengan cara yang simpatik melalui petisi online.

"Kami bersyukur karena itu artinya nama MH Thamrin masih diingat publik, malah jasanya kembali diangkat dalam bidang yang jarang diketahui, yaitu sepakbola Jakarta dan Indonesia," tutur Astuti Ananta Toer, cucu MH Thamrin dalam pernyataan tertulis kepada detikcom, Selasa malam (14/6/2022).

Untuk diketahui, usulan penggantian nama JIS lewat petisi online melalui www.change.org diprakarsai sejarawan JJ Rizal sejak akhir Mei lalu. Hingga 13 Juni kemarin, petisi tersebut telah ditanda tangani oleh 5.500 orang.

"Thamrin adalah pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, warga asli Jakarta. Dia juga dikenal sebagai penggila bola dan punya visi sepakbola modern Indonesia sebagai reaktor kebangsaan," papar JJ Rizal.

Menurut Astuti, sang Opa memang dikenal sebagai tokoh yang merintis lahirnya Persija dan PSSI. Sebagai politisi, MH Thamrin juga gigih memperjuangkan dan membangun jati diri dan rasa percaya diri bangsa yang termarjinalkan dengan sebutan inlander pada 1928-an.

Khusus kiprah MH Thamrin di kancah persepakbolaan, Astuti melanjutkan, Pemprov DKI dan Gubernur Anies Baswedan pernah menunjukkan pengakuan atau perhatian. Salah satu buktinya adalah kesediaan Anies membuka "Festival 125 Tahun MH Thamrin" yang digagas JJ Rizal dan Pemprov DKI Jakarta pada 15-16 Februari 2019. Festival antara lain diisi dengan pameran foto sejarah MH Thamrin dan Sepakbola Kebangsaan, serta seminar bertema "Dari Lapangan VIJ Menuju Stadion MH Thamrin".

"Keluarga mendapat undangan saat pembukaan festival. Pak Gubernur Anies Baswedan datang membuka dan ikut pertandingan persahabatan di Lapangan Sepakbola VIJ Petojo yang bersejarah itu. Kami sanak family Thamrin yang datang disapa, disalami, dan berfoto bersama," tutur Astuti Ananta Toer.

Tapi apakah sudah ada komunikasi dari pihak Pemprov DKI ataupun Jakpro untuk membahas usul penggantian nama JIS? Astuti menegaskan belum ada. Keluarga, imbuh dia, menyerahkan usulan tersebut kepada publik dan Pemprov DKI. "Thamrin menyerahkan hidupnya untuk mengabdi kepada warga dan pemerintah kota, maka wargalah yang paling pertama serta pemerintah kota menimbangnya," ujarnya.

Atas nama keluarga, dia menyampaikan terima kasih kepada JJ Rizal dan kelompok Betawi, serta para pihak yang sudah menandatangani petisi.

Simak juga 'Wagub Tampung Petisi Nama JIS Diganti Stadion MH Thamrin':






(jat/jat)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork