ADVERTISEMENT

Benda Diduga Mirip Fosil Keong Laut Ditemukan di Majalengka

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 11:33 WIB
Benda diduga fosil keong laut
Benda menyerupai fosil keong laut di Majalengka (Foto: Istimewa/Naro Grumala)
Jakarta -

Sebuah benda berbentuk menyerupai fosil keong laut ditemukan di Majalengka, Jawa Barat (jabar). Benda tersebut sekilas terlihat seperti batu ditemukan di area persawahan.

Dilansir dari detikJabar, penikmat sejarah sekaligus Ketua Grup Madjalengka Baheula (Grumala) Nana Rohmana mengatakan fosil tersebut ditemukan oleh salah seorang warga Desa Bonang, Panyingkiran, di sebuah pelataran sawah desa setempat. Jika diamati lebih detail dalam benda itu, memang seperti mirip gundukan kulit keong yang sudah mengeras menjadi batu.

"Pertama kali ditemukan oleh seorang warga bernama Gilang. Udah lama ditemukan. Ketemu di area sawah yang berada di Desa Bonang, Panyingkiran," kata Naro--sapaan akrab Nana Rohmana--kepada detikJabar, Senin (13/6/2022).

Fosil diperkirakan sudah berusia jutaan tahun. Fosil ini, lanjut dia, merupakan hewan jenis keong laut. Naro juga menduga desa tersebut dulu merupakan sebuah lautan.

"Fosil tersebut sudah jutaan tahun lalu. Dulu Pulau Jawa itu masih tergenang lautan, ya mungkin ini sisa-sisa dari hewan laut pada masa itu. Ini (fosil) keong laut," dia menjelaskan.

Benda tersebut kini telah disimpan di Museum Grumala, yang berada di Gedung Juang Majalengka.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak juga 'Ada Pameran Fosil Purbakala, Koleksi Museum Tambaksari Ciamis':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT