ADVERTISEMENT

Tanggal 14 Juni Memperingati Hari Apa? Cek Infonya di Sini

Syena Meuthia - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 06:35 WIB
Tanggal 14 Juni memperingati hari apa? Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Berikut serba-serbi peringatannya.
Tanggal 14 Juni Memperingati Hari Apa? Cek Informasinya di Sini (Foto: Situs WHO)
Jakarta -

Tanggal 14 Juni memperingati hari apa? Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Peringatan tersebut adalah bentuk apresiasi kepada para pendonor yang menyumbangkan darahnya demi membantu sesama manusia.

Lalu apa itu peringatan Hari Donor Darah Sedunia? Cek informasinya di bawah ini.

Tanggal 14 Juni Memperingati Hari Apa? Hari Donor Darah Sedunia

Mengutip dari laman World Health Organization (WHO), tanggal 14 Juni adalah Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tahun oleh seluruh dunia. Peringatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya darah untuk tubuh manusia.

Selain itu, peringatan ini juga menjadi ajang apresiasi kepada para pendonor yang secara sukarela mendonorkan darahnya untuk menyelamatkan banyak nyawa yang membutuhkan darah. Diketahui bahwa darah adalah bagian vital yang mengalir di tubuh manusia.

Paper desktop calendar 2022 schedule with tea cup on wooden deskTanggal 14 Juni Memperingati Hari Apa? Cek Informasinya Di Sini (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat)

Sejarah Hari Donor Sedunia

Hari Donor Darah Sedunia diperkenalkan pertama kali pada tanggal 14 Juni tahun 2004. Dikutip dari website resmi WHO, tanggal ini ditetapkan atas kesepakatan sejumlah organisasi seperti WHO, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Federasi Internasional Organisasi Donor Darah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.

Lalu pada tahun 2005, WHO menetapkan Hari Donor Darah Sedunia sebagai acara global nasional melalui Majelis kesehatan Dunia ke 58. Di samping itu, tanggal 14 Juni adalah hari ulang tahun Karl Landsteiner (1868-1943), seorang ahli biologi dan dokter Austria yang dianggap sebagai "pendiri" transfusi darah modern.

Landsteiner menemukan golongan darah ABO pada tahu 1901, kemudian ia mengembangkan sistem klasifikasi golongan darah serta megindentifikasinya. Kemudian pada tahun 1937 bersama dengan Alexander S Wiener, Landsteiner menemukan faktor Rhesus yang memungkinkan dokter untuk mentransfusikan darah tanpa membahayakan nyawa pasien.

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022

Pada tahun ini, WHO akan memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2022 dengan negara Mexico sebagai tuan rumah, bertempat di Pusat Darah Nasional Mexico City. Dikutip dari laman resmi WHO, Hari Donor Darah Sedunia 2022 mengangkat tema "World Blood Donor Day 2022: Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives".

Tema itu diartikan menjadi "Hari Donor Darah Sedunia 2022: Mendonorkan Darah Adalah Aksi Solidaritas. Bergabunglah Dengan Upaya dan Selamatkan Nyawa". Tema ini menjadi slogan kampanye dari WHO yang bertujuan untuk menarik perhatian pada peran pendonor darah yang sukarela dalam menyelamatkan nyawa manusia serta meningkatkan solidaritas di dalam komunitas untuk bisa melakukan donor darah.

Hadirnya Hari Donor Darah Sedunia 2022 memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan transfusi memiliki akses ke darah yang aman. Semua negara membutuhkan donor darah sukarela tanpa bayaran yang memberikan darah secara teratur.

"Program donor darah yang efektif, yang dicirikan oleh partisipasi masyarakat yang luas dan aktif, sangat penting dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah selama masa damai maupun selama keadaan darurat atau bencana, ketika ada lonjakan permintaan darah atau ketika operasi normal," demikian yang dituliskan WHO.

Rangkaian Kegiatan Hari Donor Darah Sedunia

Dilansir dari website resmi WHO, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada Hari Donor Darah Sedunia 2022. Berikut rinciannya.

  • Menyebarluaskan cerita ke berbagai media tentang orang-orang yang telah diselamatkan nyawanya melalui donor darah sebagai cara untuk memotivasi para pendonor darah rutin untuk terus mendonorkan darahnya
  • Upacara penghargaan donor
  • Kampanye Hari Donor Darah Sedunia 2022 melalui siaran media khusus dan posting media sosial yang menampilkan donor darah individu dengan slogan
  • Mengadakan pertemuan dan lokakarya, serta acara musik dan seni untuk berterima kasih kepada pendonor darah dan merayakan solidaritas aksi donor darah
  • Mewarnai monumen dengan ikonik warna merah.

Jadi, tanggal 14 Juni memperingati hari apa? WHO menetapkan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Semoga bermanfaat!

Simak juga 'Cerita Olivia Zalianty Gagal Donor Darah Gegara Hb Selalu Rendah':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT