ADVERTISEMENT

Mentan Sebut Vaksin PMK Datang Hari Ini, Segera Didistribusikan

Nahda Rizki Utami - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 16:14 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut vaksin penyakit mulut dan kuku pada ternak sudah datang dan dapat didistribusikan mulai hari ini. Vaksin akan didistribusikan ke wilayah-wilayah prioritas yang sudah terkena wabah PMK.

"Hari ini vaksin sudah datang. Yang kita datangkan tentu saja vaksin darurat karena kita butuh sangat banyak karena tidak hanya tentu saja sudah bergejala, tetapi daerah-daerah yang terkontaminasi harus dilakukan vaksinasinya," kata Syahrul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Syahrul menjelaskan, distribusi vaksin akan dilakukan mulai hari ini sampai 16 Juni mendatang. Syahrul tidak menyebutkan berapa jumlah dosis vaksin yang akan didistribusikan.

Meski demikian, Syahrul mengatakan distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap. Untuk penyuntikan vaksin PMK, sambung Syahrul, juga akan dilakukan mulai hari ini.

"Oleh karena itu, mulai hari ini sampai tanggal 16 akan datang terus vaksin darurat kita. Tentu saja bertahap karena tidak seperti membeli di supermarket. Begitu kita butuh vaksin, dia mesti buat, tapi waktu yang tersedia tentu saja ini bertahap," ujar Syahrul.

"Insya Allah ini hari juga kita mulai coba," sambungnya.

Lebih lanjut, Syahrul berharap masyarakat tidak panik terhadap hewan ternak yang terkena PMK. Syahrul menjamin pemerintah akan menangani wabah tersebut dengan tahapan yang ada.

"Kita berharap tidak ada kepanikan berlebihan dan perlakuan kepada hewan yang terkena dan lain-lain, termasuk bagaimana seperti perlakuan yang terkena wabah akan pemerintah lakukan tentu dalam tahapan yang ada," ucapnya.

(yld/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT