ADVERTISEMENT

Kabar Gembira! Pemohon SIM Bakal Diberi Bocoran Soal-Kunci Jawaban Tes

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 12:30 WIB
Di tengah pandemi COVID-19, ujian praktek pembuatan SIM di Satpas Daan Mogot, tetap dilakukan. Ujian dilakukan dengan protokol kesehatan.
Ilustrasi tes praktik SIM (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Korlantas Polri akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. Pemohon kini bisa mendapatkan soal-soal bahkan kunci jawaban tes uji SIM.

"Perintah Kapolri sudah jelas, besok kalau ada masyarakat yang tanya, kasih soalnya, dan jawabannya. Makin banyak masyarakat yang belajar, makin pintar lalinnya. Enggak ada yang rahasia di lalin," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Santhyabudi di Polda Metro Jaya, Senin (13/6/2022).

Bahkan kata Firman, nanti akan disediakan bank soal yang berisi beberapa soal terkait tes teori SIM. Nantinya masyarakat bisa mengaksesnya melalui ponsel mereka masing-masing.

"Rekan-rekan bisa belajar persoalannya dan kunci jawabannya. Malah kalau perlu nanti kita gelar bank soal, ada bank soal bisa dilihat dari handphone masing-masing," ujarnya.

Firman awalnya berbicara soal usulan peralihan penerbitan SIM dari kepolisian ke Dishub. Namun kata Firman, penerbitan SIM saat ini masih dilakukan oleh Polri sesuai undang-undang yang berlaku.

"Usulan (peralihan penerbitan SIM) saya kira biasa, kita kan pelaksanaan di lapangan. Yang pasti polisi akan terus meningkatkan pelayanan dalam perolehan SIM. Undang-undangnya masih kita, kita laksanakan amanat itu," kata Firman.

Terkait penerbitan SIM ini, Firman mengatakan saat ini Polri tengah meningkatkan pelayanan dalam penerbitan SIM. Pemohon nantinya akan diberikan kemudahan dalam membuat SIM dengan adanya e-AVIS (Electronic Audio Visual Integrated System).

"Yang dulu mungkin sulit cara belajarnya, sekarang kita ada metode AVIS, sedang kita kembangkan," imbuhnya.

Dengan adanya AVIS ini, diharapkan pemohon SIM dapat memahami dalam membaca soal-soal pada uji tes SIM.

"Jadi nanti bukan hanya dihadapkan pada membaca soal, menjabarkan sendiri, tidak. Tapi dihadapkan pada situasi, oh situasi seperti ini di jalan, kita boleh apa kita harus apa, sedang dikembangkan," jelasnya.

Lihat juga video 'Mengurus SIM Harus Punya BPJS, Berlaku Mulai Kapan?':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT