ADVERTISEMENT

KSAL Yudo Lantik Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid Jadi Pangkoarmada RI

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 13 Jun 2022 11:20 WIB
KSAL Yudo Margono
KSAL Laksamana Yudo Margono melantik Pangkoarmada RI Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid. (Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono melantik Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid jadi Pangkoarmada RI. Pelantikan itu digelar pada Senin (13/6/2022) di Komplek Satuan Kapal Koarmada I, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Acara dibuka dengan sejumlah aksi dari pasukan TNI AL mulai dari baris berbaris, yel-yel, penembakan meriam tanpa amunisi hingga peragaan pesawat. Setelah itu, Yudo tampak berkeliling dengan menggunakan mobil mengecek kesiapan pasukan TNI AL yang ada di lokasi.

Selanjutnya, Yudo kembali ke mimbar memimpin upacara pelantikan tersebut. Yudo lalu mengambil sumpah Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid menjadi Pangkoarmada RI.

KSAL Yudo MargonoKSAL Yudo Margono (Foto: Rakha Arlyanto Darmawan/detikcom)

Dalam pidatonya, Yudo mengingatkan peran Komando Armado yang sangat penting bagi keutuhan pertahanan laut RI.

"Komando armada adalah inti kekuatan angkatan laut, oleh sebab itu Komando Armada mengemban tugas peran dan fungsi yang sangat penting," kata Yudo.

"Saya memberi penekanan sebagai berikut, ingat sebagai negara kepulauan bangsa ini membutuhkan angkatan laut yang kuat yang mampu menjaga keamanan laut, angkatan laut yang mampu memberdayakan wilayah pertahanan laut," imbuhnya.

Tak lupa, dia mengucapkan selamat kepada Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid yang kini menjabat sebagai Pangkoarmada RI. Jabatan itu disebut Yudo merupakan bentuk apresiasi dan prestasi.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid sebagai Pangkoarmada RI. Jabatan baru yang diemban adalah bentuk apresiasi dan prestasi, dedikasi dan loyalitas," ungkap Yudo.

Lebih lanjut Yudo berpesan kepada seluruh personel TNI AL agar tegas menegakkan pelanggaran hukum di laut. Dia meminta jajaran TNI AL tidak terbuai dengan kabar hoax yang dapat mencoreng nama baik TNI AL.

"Jaga kedaulatan negara dan tegakkan hukum di laut jangan pernah mundur, jangan pernah surut karena berita hoax ulah para pencoreng laut dan tetaplah tegas biar pada pencoreng laut meradang," tegasnya.

Sebagai informasi, jabatan Pangkoarmada RI sebelumnya dijabat oleh Laksamana Madya Agung Prasetiawan. Selain melantik Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, Yudo juga melantik Laksamana Muda T.S.N.B Hutabarat sebagai Pangkoarmada II dan Kolonel Laut Mukhlis sebagai Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTL).

(rak/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT