ADVERTISEMENT

Minggu Malam, Pengunjung Padati Jakarta Fair 2022

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 12 Jun 2022 22:17 WIB
Jakarta Fair 2022 (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Foto: Jakarta Fair 2022 (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Antusiasme warga menyambangi Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022 di akhir pekan pertama begitu tinggi. Pengunjung menyempatkan diri menyambangi event tahunan itu. Begini suasananya.

detikcom mencoba memantau suasana di kawasan Jakarta Fair di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Utara pada Minggu (12/6/2022). Pantauan per pukul 20.50 WIB, antrean pengunjung sudah terlihat sejak di pintu masuk Jakarta Fair.

Pengunjung datang bergerombol bersama keluarga maupun kerabatnya. Pengunjung bisa membeli tiket terlebih dahulu via online maupun di loket-loket tiket yang tersedia di pintu masuk.

Seluruh stand Jakarta Fair yang berada di arena outdoor maupun indoor tampak dipadati pengunjung. Mereka bahkan rela berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya demi berburu diskon.

Mayoritas pengunjung yang menyambangi Jakarta Fair memakai masker ketika berkeliling. Namun, beberapa di antara mereka masih membuka masker ketika beraktivitas di Jakarta Fair.

Jakarta Fair 2022 (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)Foto: Jakarta Fair 2022 (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)

Pengunjung yang lelah berkeliling duduk mengemper di pinggiran toko maupun di tengah jalan. Posisi, dekat panggung utama menjadi spot favorit pengunjung untuk melepas penat sambil menyantap makanan.

Stand yang tersedia mulai dari makanan, kecantikan, teknologi hingga otomotif. Mayoritas stand masih menerima pembayaran secara cash ketimbang cashless.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022 pada Kamis lalu. Anies bersyukur event tahunan ini kembali digelar setelah hampir 3 tahun absen akibat pandemi COVID-19.

"Terakhir kita merasakan pembukaan Jakarta Fair 2019 (pada) 3 tahun lalu dan waktu berjalan. Sekarang alhamdulillah kondisi pandemi makin terkendali dan saat ini kembali tradisi di Jakarta 53 tahun," kata Anies di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Anies mengklaim Jakarta Fair bukan sekadar pameran berskala regional, melainkan skala internasional. Dia mengungkap pada tahun terakhir pelaksanaan Jakarta Fair pada 2019 saja, total pengunjung pameran selama sebulan penuh mencapai 6,8 juta orang dengan total transaksi mencapai Rp 7,5 triliun.

"Tahun ini mudah-mudahan angka itu akan bisa terlewati lagi dan kita berharap dengan adanya Jakarta Fair tahun ini maka tanda kebangkitan perekonomian kita akan semakin terlihat," ujarnya.

Eks Mendikbud itu menyebut pelaksanaan Jakarta Fair tahun ini memiliki tantangan tersendiri, yakni pihaknya harus mengakomodasi tingginya minat masyarakat terkait penyelenggaraan ini, namun prokes COVID-19 tetap berjalan baik.

(taa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT