ADVERTISEMENT

Emak-emak di Banten Deklarasi Dukung Ganjar Maju di Pilpres 2024

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Minggu, 12 Jun 2022 16:07 WIB
Emak-emak di Banten Deklarasi Dukung Ganjar Bertarung di Pilpres 2024
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Ribuan emak-emak di Provinsi Banten deklarasi mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo maju menjadi Calon Presiden 2024. Aksi deklarasi tersebut berlangsung di Gedung PKPRI Kota Serang, Banten

Diketahui, emak-emak tersebut berasal dari perwakilan 8 kabupaten/kota, yang tergabung dalam Mak Ganjar Banten. Koordinator Mak Ganjar Provinsi Banten Eni Saeni mengatakan deklarasi dukungan kepada Ganjar tetap dilakukan, meskipun mereka bukan berasal dari partai politik yang bisa memberikan 'tiket' untuk mencalonkan seseorang dalam Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, partai politik juga dipilih oleh rakyat terutama kaum perempuan karena jumlahnya lebih banyak dibanding laki-laki. Oleh karenanya, Eni menegaskan agar tidak meremehkan suara dukungan dari kaum emak-emak.

"Meskipun kami bukan apa-apa, kami bukan parpol, kami lahir dari masyarakat, dari hati nurani. Melihat ke depan kepemimpinan kita yang harus sederhana, cerdas, peduli dan berjuang untuk rakyat, dan kami melihat itu dari sosok Pak Ganjar," kata Eni dalam keterangan tertulis, Minggu (12/6/2022).

Menurutnya, Ganjar telah membuktikan kepeduliannya kepada rakyat, khususnya kepada kaum perempuan. Hal ini terlihat dari berbagai kebijakannya di Jateng, maupun dulu saat menjabat sebagai anggota DPR RI.

Eni pun mencontohkan saat Ganjar merenovasi jutaan rumah tidak layak huni, melakukan promosi UMKM melalui Lapak Ganjar, mampu menangani COVID-19 dan banyak prestasi lainnya yang telah diakui.

"Saya sampai merinding seorang pemimpin memasarkan produk masyarakatnya sehingga produk bertemu dengan pasarnya, UMKM maju dan masyarakat sejahtera," ucapnya.

Eni memastikan pihaknya akan terus menggalang dukungan untuk Ganjar dengan bergerak ke kabupaten/kota yang ada di Banten. Ia juga akan membuat program yang bermanfaat untuk masyarakat, serta melakukan sosialisasi terkait sosok Ganjar.

"Kami mohon doanya dan dukungannya agar lancar dan Pak Ganjar jadi Presiden 2024. Mari emak-emak kita pilih pemimpin yang sudah humanis, terbukti, cerdas dan peduli pada kita, dan itu semua ada di Pak Ganjar," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Mak Ganjar Nining mengatakan deklarasi di Provinsi Banten ini mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hal itu terlihat dari tingginya antusias ribuan emak-emak yang hadir dalam aksi deklarasi dukungan tersebut.

"Ini yang hadir ada ribuan. Saya dapat laporan masih banyak yang mau ikut, tapi kita batasi, mungkin dilain waktu," ucapnya.

Nining menyebut, kegiatan serupa telah dilakukan di berbagai provinsi lainnya dan di Banten merupakan yang kegiatan kedelapan. Dia menilai ke depan masih akan dilakukan deklarasi dengan cara pengemasan yang berbeda di provinsi lainnya.

"Saya mengajak semua kaum ibu untuk bergerak mendukung Ganjar agar menjadi presiden dan harapan kaum ibu bisa terwujud," tegasnya.

Sebagai informasi, pada aksi deklarasi juga diadakan senam sehat yang diikuti oleh ribuan ibu-ibu dari berbagai kalangan. Mereka yang mengenakan kaos Mak Ganjar, bersenam zumba seraya meneriakan dukungan kepada Ganjar. Selain itu ada pula pelaksanaan bakti sosial dengan memberikan sembako kepada ibu-ibu dan masyarakat yang membutuhkan.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT