ADVERTISEMENT

Ragam Pesan 'Ojo' Jokowi ke Relawan Jelang Pilpres 2024

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Jun 2022 10:41 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pesan terkait urusan politik 2024 kepada Relawan Tim 7 saat silahturami di Ancol, Jakarta Utara. Pesan Jokowi yakni tidak tergesa-gesa menentukan siapa didukung, dengar suara arus bawah, dan ojo dumeh.
Jokowi saat berpidato di silaturahmi Relawan Tim 7. (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memberi arahan kepada relawannya menjelang Pilpres 2024. Berkali-kali Jokowi memberi nasihat kepada relawannya agar tak gegabah soal langkah-langkah menuju tahun politik 2024 mendatang.

Jokowi menekankan agar relawan tak grasa-grusu atau terburu-buru bermanuver untuk Pilpres 2024 lantaran masih perlu menyelesaikan persoalan negara. Pesan singkat Jokowi kepada para relawan yang identik dengan bahasa Jawa itu dari ojo kesusu hingga ojo dumeh.

Ojo Kesusu

Jokowi mulanya berbicara soal arahan Pilpres 2024 kepada relawan Pro Jokowi (Projo) saat membuka Rakernas V Relawan Projo di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, akhir Mei lalu. Jokowi meminta para relawannya tak terburu-buru meminta arahan untuk Pilpres 2024.

Jokowi menjabarkan masa kepemimpinannya masih dipenuhi tantangan akibat pandemi COVID-19 dan dampak perang Rusia-Ukraina yang juga dirasakan negara-negara lain. Jokowi mengungkapkan upaya pemerintah menstabilkan harga-harga seperti bahan bakar, bahan pangan, hingga listrik yang membebani APBN. Lantas, dia berpesan agar relawan tidak terburu-buru meminta arahan 2024.

"Semuanya sulit dihitung karena ketidakpastian global terus menerus terjadi, sehingga yang ketiga yang berkaitan dengan politik karena kita harus fokus dan bekerja menyelesaikan persoalan itu tadi, urusan politik ojo kesusu sik, jangan tergesa-gesa," kata Jokowi saat membuka Rakernas Projo di lokasi, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Sabtu (21/5/2022).

Jokowi meminta para relawannya bersabar menunggu keputusan siapa yang akan dia pilih sebagai capres.

"Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini, sudah dibilang jangan tergesa-gesa, ojo kesusu. Ini mau tergesa-gesa kelihatannya. Sekali lagi persoalan-persoalan ini harus diselesaikan dulu baru kita masuk ke yang namanya keputusan yang saya akan dengar dari bapak-ibu semuanya, saya akan ajak bicara sekali lagi jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi yang disambut riuh relawan Projo.

"Karena kita politik sekarang ini masih belum jelas bener ndak. Partai apa mencalonkan siapa belum jelas. Sehingga jangan sampai keliru, jangan sampai salah. Setuju kita sabar? Setuju kita tidak tergesa-gesa dulu? Oke," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku lega ketika mendengar para relawan Projo siap bersabar menunggu arahannya. Sebab, Jokowi takut kelepasan bicara soal tokoh yang bakal dia dukung di Pilpres 2024.

"Kalau sudah menjawab seperti itu, saya jadi enak, tapi kalau desek-desek saya, saya nanti ketrucut (kelepasan). Sekali lagi ojo kesusu sik, nggih, setuju?" tuturnya.

Baca selengkapnya soal pesan Jokowi lainnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Bantah Usung Jokowi 3 Periode, Projo: Kita Mau Cari Pelanjut Jokowi

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT