ADVERTISEMENT

Legislator: Nasi Padang Babi Meresahkan, Sertifikasi Masakan Perlu Dikaji

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 12 Jun 2022 06:17 WIB
Guspardi Gaus
Guspardi (Foto: (Tangkapan layar YouTube DPR RI)

Geger Nasi Padang Babi

Nasi Padang dengan bahan baku babi Babiambo sebelumnya disorot keras oleh anggota DPR hingga Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM). Usaha kuliner itu dipromosikan via online.

"Sebagai Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang, saya sudah mendengar soal restoran di Jakarta yang bikin keresahan masyarakat Minang. Hal ini disebabkan restoran bernama Babiambo itu mengolah daging babi menjadi masakan berupa rendang," kata Andre Rosiade dalam keterangannya, Jumat (10/6).

Usaha nasi Padang Babi itu diketahui berlokasi di Kelapa Gading Timur. Pihak kelurahan setempat, Pemprov DKI Jakarta hingga kepolisian kemudian mengkalrifikasi pemilik usaha itu. Sekretaris Kelurahan Kelapa Gading Timur Yenny Fisdianty mengatakan usaha kuliner itu sudah lama tutup.

"Memang usaha dagang tersebut udah lama tidak beroperasi," kata Yenny usai pertemuan dengan pemilik resto nasi padang babi di Kantor RW 11 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jumat (9/6).

Pemilik usaha Sergio karena usahanya itu viral. Dia mengatakan usaha nasi Padang babi itu hanya beroperasi selama 3 bulan sejak dimulai saat awal pandemi Corona atau tahun 2020.

"Saya juga kaget (usahanya viral)," kata pemilik usaha nasi Padang Babi Sergio di Kantor RW 11 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara, Jumat (10/6).

Gubernur Sumbar Usul Sertifikasi

Usai heboh nasi Padang babi itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Asharullah buka suara. Dia meminta adanya sertifikasi masakan khas Minangkabau itu dari Ikatan Keluarga Minang.

"Ke depan harus ada sertifikasi oleh IKM, mana yang asli Padang, mana yang bukan. Nanti ada stikernya," kata Mahyeldi dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/6).

Saksikan juga Sudut Pandang minggu ini: Urus Kusut Kabel Semrawut

[Gambas:Video 20detik]




(lir/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT