ADVERTISEMENT

PDIP Dorong Elite Politik Tak Hanya Bicara Elektoral

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 19:35 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lengteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sekolah partai DPP PDIP, Jaksel, Jumat (10/6/2022). (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri dalam pertemuan khusus di Istana beberapa hari lalu membahas soal kerawanan pangan. Hasto mendorong elite-elite politik tak hanya bicara tentang elektoral atau pemilu.

"Termasuk tadi Ibu (Megawati) menyampaikan, pada saat pelantikan BPIP kemarin (7 Juni 2022), Pak Presiden Jokowi juga menyatakan berbagai macam kemungkinan terjadinya kerawanan pangan akibat krisis ketidakpastian cuaca, dan inilah yang harus disikapi," kata Hasto di sekolah partai DPP PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2022).

Hasto menuturkan banyak masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan manuver elite-elite politik. Karena itulah, sebut Hasto, PDIP juga mendorong elite-elite politik bekerja sama.

"PDIP hanya mendorong bahwa masalah bangsa dan negara ini sangat banyak yang tidak bisa diselesaikan dengan manuver-manuver elite. Yang harus dibangun kerja sama. Masalah-masalah ini harus dijawab oleh siapa pun yang terpanggil sebagai pemimpin," tuturnya.

Lebih lanjut Hasto mengingatkan wacana seperti penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya lebih dominan dibahas oleh elite-elite politik Tanah Air. Dia menyebut wacana-wacana tersebut lebih penting dibandingkan soal elektoral.

"Ini yang seharusnya menjadi wacana yang dominan, bukan wacana hanya untuk sekadar elite kekuasaan. Tapi wacana bagaimana membangun kepemilikan Indonesia, wacana bagaimana agar penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi itu betul-betul kita kedepankan agar kita menjadi bangsa yang berdikari," kata Hasto.

"Jadi pemimpin di antara bangsa-bangsa itu harusnya lebih dominan daripada sekadar berbicara tentang elektoral," imbuhnya.

Hasto sebelumnya juga berbicara tentang manuver-manuver elite politik. Dia menegaskan PDIP tidak tergoda oleh manuver elite.

"Kita tidak tergoda bagi mereka yang belum-belum sudah melakukan istilahnya gerakan bebas, gerakan tambahan. Setiap hari kita menyiapkan diri, termasuk dengan kaderisasi perempuan, ini merupakan upaya menyiapkan pemilu dengan cara organisasi mengedepankan kepentingan kolektif untuk rakyat," kata Hasto, Jumat (10/6).

Lihat juga video 'Nama Ganjar Moncer, PDIP Ogah Pemimpin Dibangun Cuma dari Faktor Elektoral':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT