Analisis Pakar soal Penyebab Jenazah Eril Utuh Usai 14 Hari Tenggelam

ADVERTISEMENT

Analisis Pakar soal Penyebab Jenazah Eril Utuh Usai 14 Hari Tenggelam

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 10 Jun 2022 17:20 WIB
Kronologi penemuan jasad Eril disampaikan langsung oleh Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad. Eril ditemukan tewas di Bendungan Engehalde, Swiss.
Emmeril Kahn Mumtazd (Eril) (Instagram @ataliapr)
Jakarta -

Putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtazd (Eril), yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, akhirnya ditemukan. Jasad Eril ditemukan dalam kondisi utuh meskipun sudah 14 hari terbawa arus sungai.

Dokter forensik Mabes Polri Arif Wahyono menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan jasad Eril tetap utuh. Beberapa di antaranya dipengaruhi suhu air hingga kondisi tubuh korban.

"Banyak faktor yang membuat tubuh utuh meski sudah 14 hari di air. Suhu, kondisi tubuh korban, arus air, dan kelembapan suhu dalam air," kata Arif Wahyono kepada wartawan, Jumat (10/6/2022).

Diketahui bahwa suhu Sungai Aare tempat hilangnya Eril memang dingin. Arif pun menjelaskan bahwa hal ini juga bisa terkait dengan kondisi tubuh korban sebelum terbawa arus. Kesehatan tubuh korban sebelum tenggelam juga menjadi faktor yang membuat jasad tetap utuh meskipun terbawa arus selama dua pekan.

"Kondisi tubuh itu seperti orang tersebut gemuk atau tidak. Pada saat tenggelam dalam keadaan sehat atau tidak," tuturnya.

Simak video 'Ridwan Kamil Ungkap Penjelasan Ilmiah Mengapa Jasad Eril Utuh':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT