ADVERTISEMENT

Komisi X DPR Kritik PSSI soal Iwan Bule Sosok Utama Timnas Menang

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 19:04 WIB
Anggota MPR Fraksi PKB Syaiful Huda
Syaiful Huda (Foto: dok. MPR)

PSSI sebelumnya mengungkap sosok di luar lapangan yang punya andil dalam kemenangan timnas Indonesia atas Kuwait. Tak lain tak bukan adalah Iwan Bule, sang ketua umum.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di Jaber Al-Ahmad International Stadium pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan ini merupakan sejarah, yakni pecahnya rekor 42 tahun Indonesia tak pernah menang atas Kuwait.

Sebelumnya, timnas Indonesia dan Kuwait cuma pernah bertemu enam kali. Dari enam pertemuan itu, timnas Indonesia cuma pernah menang sekali 2-1 yang terjadi di ajang Turnamen Merdeka pada 19 Oktober 1980.

PSSI dalam ulasannya yang ditayangkan di laman resmi mereka, menyebut kemenangan itu ada andil dari Iriawan selaku Ketua Umum PSSI. Kemenangan itu tak terjadi begitu saja, melainkan karena kebijakan-kebijakan strategis yang diambil Iwan Bule sebagai Ketua PSSI.

"Siapa tokoh utama di balik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait? Jawabannya jelas: Iwan Bule!. Sejak memimpin PSSI pada 2 November 2019, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, menorehkan prestasi cemerlang," tulis PSSI dalam sebuah artikel berjudul 'Pecahnya Rekor 42 Tahun' di situs resminya.

"Di masa kepemimpinannya selama dua tahun tujuh bulan, Indonesia sudah dua kali mencapai final level tertinggi Asia Tenggara, yakni final SEA Games 2019 dan final Piala AFF 2021. Lalu semifinal SEA Games 2022," lanjut tulisan itu.


(fca/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT