Kirim Kode 'Kehendak Rakyat', Projo Balas Desmond soal Kritik 3 Periode

ADVERTISEMENT

Kirim Kode 'Kehendak Rakyat', Projo Balas Desmond soal Kritik 3 Periode

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 09 Jun 2022 16:17 WIB
Pertemuan Komisi III DPR RI dengan warga Desa Wadas, Purworejo, Kamis (10/2/2022)
Desmond J Mahesa (Rinto Heksantoro/detikJateng)
Jakarta -

Ormas Pro Jokowi (Projo) membalas serangan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Desmond J Mahesa yang menyebut manuver Ketum Projo Budi Arie Setiadi menghidupkan kembali wacana '3 periode' Presiden Joko Widodo atau Jokowi demi jabatan. Bendahara Umum Projo Panel Barus memandang Desmond emosional. Dia mengingatkan, emosi dapat mengalahkan rasionalitas.

"Karena emosional bisa mengalahkan rasionalitas," kata Panel dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2022).

Panel menuturkan pernyataan Budi yang membuka kemungkinan soal 3 periode dan perpanjangan masa jabatan Jokowi itu merupakan wacana yang pernah ada di masyarakat. Meski begitu, Panel menyebut saat ini proses dan tahapan Pemilu 2024 sedang berjalan.

"Pernyataan Ketum Projo Budi Arie Setiadi di media massa mengenai Jokowi 3 periode adalah wacana di masyarakat yang pernah ada. Namun faktanya saat ini proses dan tahapan Pemilu 2024 sedang berjalan yang juga didorong oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Panel Barus Projo (dok. Projo).Panel Barus Projo (Foto: dok. Projo)

Panel menilai banyaknya wacana politik yang mencuat di masyarakat merupakan hal lumrah di negara demokratis. Dengan demikian, menurutnya, wacana itu semestinya ditanggapi secara rasional.

"Banyak wacana politik berkembang saat ini. Projo melihatnya sebagai hal yang lumrah di negara demokratis. Maka menanggapi segala wacana itu mesti rasional. Sebab, tidak semua keinginan atau wacana akan terlaksana," kata dia.

Panel kemudian meminta Desmond mengingat pesan Jokowi agar tak terburu-buru atau ojo kesusu lantaran proses politik sedang berjalan saat ini. Dia mengatakan Projo akan menyelenggarakan musyawarah rakyat untuk mencari duet Pilpres 2024.

"Semoga jagoannya Pak Desmond menjadi bagian dari kehendak rakyat. Desmond ojo kesusu," kata dia.

Kritik Desmond

Diberitakan sebelumnya, Desmond menyebut wacana 3 periode yang dihidupkan lagi oleh Ketum Projo Budi Arie Setiadi dilatarbelakangi kepentingan pribadi Budi dan Projo.

Desmond menyinggung posisi Budi yang kini menjabat Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT). Dia tak yakin jabatan itu masih diduduki Budi jika Jokowi tak lagi berkuasa.

"(Untuk) kepentingan pribadi mereka. Ketua Projo-nya wamen. Kalau Jokowi nggak berkuasa, bisa jadi wamen nggak, atau jadi menteri nggak. Nah, ini mimpi pribadi saja menurut saya," kata Desmond kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

Desmond kemudian mempertanyakan keberadaan ormas Projo kala nantinya Jokowi tak lagi memimpin. Dia melempar sindiran Projo merasa dihargai saat ini lantaran Jokowi masih berkuasa.

"Ya kalau Projo, kan, kalau Jokowi nggak berkuasa, memangnya siapa mereka, partai politik bukan, apa-apa bukan. Jadi merasa dihargai ya kalau Jokowi jadi presiden lagi," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR itu.

"Kalau nggak Jokowi presiden, memangnya pasukan apa, gitu, lho," imbuh dia.

Simak Video: Projo Hidupkan Lagi Jokowi 3 Periode, Pengamat: Harus Dikubur Lagi

[Gambas:Video 20detik]



(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT