ADVERTISEMENT

Penemuan Granat Aktif Gegerkan Warga di Lebak

Fathul Rizkoh - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 21:19 WIB
Polisi amankan granat aktif di Lebak
Polisi mengamankan granat aktif di Lebak (Foto: dok. Istimewa)
Lebak -

Penemuan granat aktif menggegerkan warga Kampung Cilaku, Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten. Granat ditemukan di salah satu rumah warga bernama Januandri (25).

"Katanya ada granat di rumahnya (Januandri). Saya langsung tuh datengi rumahnya buat cross check," kata anggota Koramil 0307 Cimarga Sertu Nur Cahyo kepada awak media saat dimintai konfirmasi, Rabu (8/6/2022).

Dia mengatakan ada dua granat yang ditemukan dan sudah terbungkus di dalam karung. Kondisi granat sendiri, lanjutnya, satu dalam kondisi lengkap dan dikhawatirkan bisa meledak, satu granat lainnya dengan kondisi sudah tidak lengkap.

"Satu granat itu kondisinya masih lengkap, cincin granatnya juga masih ada, walaupun bukan bawaannya tapi diganti pakai kawat. Sementara satu lagi sudah tidak lengkap," tuturnya.

Dugaan sementara, granat itu milik keluarga Januandri yang merupakan anak pensiunan TNI tahun 1988. Demi keamanan, dua granat itu sudah dibawa ke Polsek Cimarga.

Sementara itu, Kapolsek Cimarga IPTU Adil Irawan mengatakan, granat yang ditemukan sudah diamankan. Granat dikubur di dalam sebuah ember berisi pasir.

"Kita kubur granat itu menggunakan pasir, karena itu merupakan tindakan pertama agar kedua granat tidak mendapatkan getaran yang dapat memicu keduanya meledak," ujar Adil.

Dia pun telah berkoordinasi dan melaporkan penemuan granat ini kepada Tim Gegana Sat Brimob Polda Banten untuk dilakukan tindak lanjut.

"Alhamdulillah kedua granat itu sudah diamankan oleh tim Gegana. Anggota juga sudah menggeledah rumah Januandri, dan tidak ditemukan adanya granat lagi," pungkasnya.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT