ADVERTISEMENT

Sekjen PDIP soal Hubungan Jokowi-Megawati: Penuh Suasana Kebatinan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 20:57 WIB
Keterangan Foto: Jokowi dan Megawati setelah acara pelantikan BPIP di Istana Negara, Selasa (7/6)
Jokowi dan Megawati setelah acara pelantikan BPIP di Istana Negara, Selasa (7/6) (Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut hubungannya dengan Ketua Umun PDIP Megawati Soerkarnoputri bak ibu dan anak. Hubungan keduanya dinilai penuh dengan suasana kebatinan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Hubungan ibu dan anak itu sudah tahap ya cukup, dalam tahap yang penuh dengan suasana kebatinan," ucap Hasto kepada wartawan di Masjid At-Taufiq, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Hasto mengatakan Jokowi dan Megawati kerap bertemu untuk berbincang tentang persoalan di Tanah Air. Keduanya disebut Hasto memiliki hubungan secara batin.

"Ya sinyalnya baik-baik saja, tadi kita liat kemarin juga pertemuannya berlangsung baik. Beliau secara periodik bertemu, berdialog tentang bangsa dan negara. Dan presiden sendiri mengatakan hubungannya dengan Ibu Mega kan hubungan batin," ujar Hasto.

Jokowi Anggap Mega Ibu Sendiri

Sebelumnya, Jokowi menyebut Megawati Soekarnoputri seperti ibu sendiri. Jokowi mengaku menghormati Megawati.

"Ibu Mega itu seperti ibu saya sendiri. Saya sangat, sangat, sangat menghormati beliau Ibu Mega," kata Jokowi di lokasi peresmian Masjid At-Taufiq, Rabu (8/6/2022).

Jokowi mengatakan hubungan anak dan ibu adalah hubungan batin. Selain itu, kata Jokowi, kepercayaan Megawati kepadanya tidak pernah berubah.

"Hubungan anak dengan ibu itu hubungan batin. Saya sangat hormat kepada beliau, yang selalu penuh dengan rasa kepercayaan yang tidak pernah berubah," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, jika ada perbedaan antara ibu dan anak, itu merupakan hal yang wajar. Terlepas dari itu, Jokowi menegaskan selalu menghormati Megawati.

"Kemudian kalau dalam perjalanan panjang, kadang-kadang ada perbedaan antara anak dan ibu, ya itu wajar-wajar saja, biasa," ujar Jokowi.

Balasan Mega

Sementara itu, Megawati menyebut hubungannya dengan Jokowi sejak dulu bersifat kekeluargaan.

"Ini ada Pak Jokowi, ada Ibu (Iriana) juga. Kami dari dulu kekeluargaan," ucap Megawati kepada wartawan di Masjid At-Taufiq, Jakarta Selatan, Rabu (8/6).

(rak/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT