ADVERTISEMENT

Viral Seratusan WN China Pakai APD di Bandara Soetta, Imigrasi Buka Suara

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 16:35 WIB
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan rombongan WN China berjalan menggunakan alat pelindung diri di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta viral di media sosial. Imigrasi angkat bicara soal hal ini.

Dari video yang beredar, tampak sejumlah orang mengenakan alat pelindung diri berwarna abu-abu dengan garis kuning di lengan kiri berjalan beriringan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto, membenarkan adanya peristiwa tersebut.

"Memang benar pada Ahad, 5 Juni kemarin, sekitar pukul 11.15 WIB," ujar Muhammad Tito Andrianto ketika dimintai konfirmasi, Rabu (8/6/2022).

Tito mengatakan ada 191 WNA asal China yang akan kembali ke negaranya. Mereka akan menaiki pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF8008.

Tito memastikan rombongan ini ada yang menggunakan visa kunjungan dan ada pula yang menggunakan visa tinggal terbatas (VITAS).

"Selain menggunakan izin masuk yang sah, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta memastikan bahwa proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA tersebut telah sesuai dengan SOP pemeriksaan yang ada. Semua WNA telah melewati pemeriksaan di Konter Pemeriksaan Imigrasi," kata Tito.

Soal pakaian yang digunakan, Tito menyebutnya hal tersebut sebagai bagian dari peraturan dari negara China. Hal tersebut mengingat tingkat penyebaran virus Corona masih sangat tinggi di sana.

"Terkait dengan pakaian yang digunakan, maka hal tersebut merupakan bagian dari regulasi negara RRC, di mana tingkat penyebaran kasus COVID-19 di negara tersebut masih cukup tinggi, sehingga warga yang pulang dari luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin." kata Tito.

(isa/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT