ADVERTISEMENT

Adu Perspektif: Salip-Menyalip Politik di Luar Sirkuit

Edward F. Kusuma - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 16:15 WIB
Jakarta -

Pemilu memang masih sekitar dua tahun lagi, tapi para elit partai politik mulai intens melakukan manuver. Ada yang saling lempar senyum, berfoto selfie, saling berkunjung, tapi ada juga yang justru menuai cercaan dari pihak yang tak menyenanginya.

Di ajang Sirkuit Formula Elektrik di kawasan Ancol pada Sabtu lalu, misalnya. Puan Maharani, yang oleh sebagian elit PDIP digadang-gadang sebagai capres berupaya tampil mesra dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Tak cuma bertegur sapa ramah, Puan yang bersebelahan dengan Presiden Jokowi justru melakukan aksi foto selfie dengan Anies. Ini bisa dipahami mengingat elektabilitas Anies di sejumlah lembaga survei selalu berada di tiga besar.

Aksi tersebut juga ada yang menafsirkan sebagai 'protes' Puan terhadap Jokowi yang menghadiri acara Projo di Magelang. Meski di acara itu Jokowi meminta para relawan Projo tak tergesa-gesa menyampaikan dukungan terhadap capres tertentu, tapi dia mengindikasikan Ganjar Pranowo sebagai calon yang diinginkannya. Buntutnya, Ganjar pun diserang sejumlah elit PDIP dan disebut kemlinthi.

Di luar itu, para ketua umum parpol silih berganti menggelar silaturahmi politik. Setelah Golkar, PPP, dan PAN mendeklarasikan poros KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), giliran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo yang bertemua dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Beberapa waktu kemudian Surya juga bertemua dengan Ketua Umjm Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Bagaimana menafsirkan semua maneuver tersebut? Malam ini Adu Perspektif kolaborasi Detikcom dan Total Politik mengangkat potret manuver para elite dan partai politik dalam topik 'Salip-Menyalip Politik di Luar Sirkuit' bersama Pakar Komunikasi Politik UI Effendi Ghazali, Politisi PDIP Masinton Pasaribu, dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi, Rabu 9 Juni 2022 pukul 20.00 WIB. Acara disiarkan secara langsung dari kanal video 20detik dan youtube detikcom.

(edo/vys)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT