ADVERTISEMENT

Selamat Hari Laut Sedunia 2022, Ini Tema dan Serba-serbi Peringatannya

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 08 Jun 2022 12:00 WIB
Ucapan Selamat Hari Laut Sedunia ramai dituliskan oleh netizen. Tepat pada hari ini, Rabu (8/6/2022) diperingati sebagai Hari Laut Sedunia atau World Ocean Days.
Selamat Hari Laut Sedunia 2022, Ini Tema dan Serba-serbi Peringatannya (Foto: Getty Images/iStockphoto/Velvetfish)
Jakarta -

Ucapan Selamat Hari Laut Sedunia ramai dituliskan hari ini. Hari ini, Rabu (8/6/2022) diperingati sebagai Hari Laut Sedunia atau World Ocean Days.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui tentang peringatan Hari Laut Sedunia tahun ini? Cek serba-serbi peringatannya berikut ini.

Tema Selamat Hari Laut Sedunia 2022

Dikutip dari laman resmi United Nations (UN) World Oceans Day (WOD), Hari Laut Sedunia 2022 mengangkat tema "Revitalization: Collective Action for the Ocean" atau diartikan sebagai "Revitalisasi: Aksi Kolektif Untuk Laut". Tema tersebut dibuat oleh UN Dekade of Ocean Science atau Dekade Ilmu Kelautan PBB sebagai kampanye kepada seluruh dunia.

Tema ini dilatarbelakangi dari masalah laut di seluruh dunia yang mulai rusak, padahal laut mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan makhluk hidup. Laut adalah sumber kehidupan, baik untuk mendukung rezeki manusia, dan setiap organisme lain di bumi. Lautan sendiri menutupi lebih dari 70% planet bumi.

UN WOD menuliskan bahwa keadaan laut di dunia sekarang sudah menunjukkan kekhawatiran. Sebanyak 90% populasi ikan besar tekah habis dan 50% terumbu karang hancur.

"Kita perlu bekerja sama untuk menciptakan keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menghabiskan kekayaannya, melainkan memulihkan semangatnya dan memberinya kehidupan baru," demikian keterangan UN WOD, yang dikutip detikcom, Rabu (8/6/2022).

Perayaan Hari Laut Sedunia 2022

Perayaan Hari Laut Sedunia 2022 menjadi kegiatan yang hadir kembali setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi. Perayaannya juga dilakukan dengan berbagai kegiatan yang sudah dirancang oleh Konferensi Kelautan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hari Laut Sedunia PBB tahun ini, tepat pada 8 Juni 2022, dirayakan secara offline dan online untuk pertama kalinya. Biasanya, acara tahunan peringatan Hari Laut Sedunia PBB diselenggarakan dan disiarkan secara langsung di Markas Besar PBB, New York.

Peringatan Hari Laut Sedunia PBB 2022 akan membahas mengenai masalah kritis lautan. Salah satunya adalah banyaknya aksi di seluruh dunia yang merampas kekayaan lautan tanpa memberikan pemulihan.

"Seperti yang telah ditunjukkan tahun-tahun sebelumnya, kita perlu bekerja sama untuk menciptakan keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menghabiskan kekayaannya, melainkan memulihkan semangatnya dan memberinya kehidupan baru," tulis UN WOD dalam situs resminya.

Penyelenggaraan diskusi kelautan ini diselenggarakan oleh Divisi PBB untuk Urusan Kelautan dan Hukum Laut, Kantor Urusan Hukum, dengan kontribusi dermawan dari Oceanic Global. Partisipasi juga dibuka untuk para pemimpin yang mempunyai pemikiran kesejahteraan lautan, selebritas, mitra institusional, suara komunitas, pengusaha, dan pakar lintas industri untuk bersama-sama mempelajari topik utama masalah kelautan.

Demikian serba serbi Hari Laut Sedunia 2022 seperti tema dan peringatannya. Selamat Hari Laut Sedunia!

Simak juga 'Intip Peninggalan Sejarah Monumen Lintas Laut Gilimanuk':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT