ADVERTISEMENT

Densus 88 Profiling Pemilik Peledak TNT-Senpi di Gedung Tua Bandung

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 14:47 WIB
Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Aswin Siregar
Kabag Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Aswin Siregar (Dok. detikcom)
Jakarta -

Bahan peledak TNT, senjata api berpeluru aktif hingga granat ditemukan di sebuah gedung tua di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Densus 88 Antiteror Polri tengah menelusuri pemilik barang tersebut.

"Tentu tetap didalami dan di-profiling. Namun sejauh ini belum ada indikasi yang mengarah terkait pada jaringan kelompok teror," kata Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dimintai konfirmasi, Selasa (7/6/2022).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan koordinasi pendalaman terkait penemuan warga tersebut tengah dilakukan. Koordinasi itu antara Polda Jawa Barat, Densus 88, dan Bareskrim Polri.

"Di Bandung ada beberapa senjata api kemudian ada beberapa bahan peledak yang ditemukan Polda Jawa Barat ya. Kemudian tim dari Polda Jawa Barat berkoordinasi dengan Densus 88, berkoordinasi dengan Bareskrim, mendalami dulu baik temuan bahan peledak kemudian temuan senjata api didalami dulu," kata Dedi.

Dedi mengatakan pihaknya terus melakukan pendalaman dan pengembangan. Dia menyebut pendalaman itu juga tentang ada tidaknya unsur pelanggaran aturan kepemilikan bahan peledak hingga senjata api itu.

"Nanti apabila dari pendalaman itu ada pengembangan-pengembangan lebih lanjut akan sehingga juga dikembangkan, dan dicari tersangka-tersangka lain yang terkait dengan masalah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, bahan peledak ditemukan di sebuah gedung tua di Bandung. Selain bahan peledak jenis TNT, gegana juga menemukan granat di lokasi tersebut.

"Dipastikan bahwa itu merupakan bahan-bahan peledak, jadi seperti ada peluru, detonator, granat," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompi di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (7/6).

Ibrahim menjelaskan, kepastian itu didapat setelah tim gegana Polda Jabar mendapatkan informasi terkait temuan bahan peledak tersebut. Tim gegana kemudian meluncur dan melakukan pengecekan.

"Setelah dilakukan pengecekan, bahwa betul itu merupakan bahan peledak," katanya.

Terkait jumlah bahan peledak yang ditemukan, Ibrahim mengatakan hal itu masih dalam pemeriksaan. Seluruh barang bukti bahan peledak yang ditemukan, saat ini disita oleh tim gegana.

"Untuk bahan peledak ini kan ada detonator dan ada granat, kita cek lagi dengan pasti datanya," katanya.

Lihat juga video 'Densus 88 Temukan 35 Kg Bahan Peledak TATP di Kaki Gunung Ciremai':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT