ADVERTISEMENT

Jokowi Undang Para Pj Kepala Daerah ke Istana, Minta Netral di 2024

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 14:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang sejumlah penjabat kepala daerah ke Istana Kepresidenan. Jokowi memberikan arahan terkait penggunaan APBD, produk lokal, hingga larangan politik praktis.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden tadi, yang pertama bahwa kami pj-pj untuk melakukan ke daerah, memastikan di daerah berjalan baik terkait APBD, menggunakan produk lokal. Bahwa dalam situasi ini. Yang ketiga adalah mengedepankan vaksin dalam rangka pandemi supaya cepat berlalu di Indonesia. Keempat, teralokasinya anggaran untuk Pilkada 2024," kata Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2022).

Menurut Bachyuni, Jokowi juga menekankan agar roda perekonomian di daerah terus berjalan. Jokowi disebut meminta para penjabat kepala daerah menggunakan lahan yang telantar.

"Tadi Pak Presiden juga ngomong, kalau ada lahan telantar, pj kepala daerah segera menanam dengan masyarakat apa saja yang bisa tumbuh, meningkatkan ketahanan pangan," imbuh Bachyuni.

Selain itu, kata Bachyuni, Jokowi juga mewanti-wanti pj kepala daerah agar tak terlibat politik praktis. Pj kepala daerah diminta tetap netral.

"Yang jelas, kita harus netral. Tidak boleh terlibat politik praktis," kata Bachyuni.

"Ya. Kita sebagai penjabat harus tegak lurus, tidak terlibat dalam politik praktis," sambung Bachyuni saat ditanya lagi perihal Presiden Jokowi menekankan soal netralitas.

Bachyuni menyebut ada 48 pj kepala daerah yang diundang dalam pertemuan tersebut. Sebanyak 31 orang hadir langsung di Istana dan sisanya hadir secara virtual.

Lihat juga video 'Penjelasan Mahfud Md soal TNI-Polri Boleh Jadi Pj Kepala Daerah':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT