ADVERTISEMENT

Sandiaga Siapkan Wisata Pendukung Jika Harga Tiket Candi Borobudur Naik

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 07 Jun 2022 08:56 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)
Jakarta -

Pemerintah berencana menaikkan tarif wisata ke puncak Candi Borobudur jadi Rp 750 Ribu. Menparekraf Sandiaga Uno menyebut akan menyiapkan destinasi sampingan sebagai support system, untuk peningkatan kunjungan di candi terbesar di Indonesia itu.

Hal itu disampaikan Sandiaga pada Senin, (6/6) kemarin di Banyuwangi. Sandiaga tak ingin, kunjungan wisata menurun setelah tarif baru tersebut diterapkan. Terlebih, Candi Borobudur merupakan destinasi super prioritas yang mampu menarik kunjungan wisata hingga 20 juta orang per tahun.

"Oleh karena itu kita perlu menyiapkan destinasi-destinasi sampingan yang ada di Borobudur, untuk supporting system. Jadi nanti ada desa wisata, wisata buatan dan budaya," ujar Sandiaga dilansir detikJatim, Selasa (7/6/2022).

"Nantinya di destinasi wisata selingan itu ada museum yang bisa menampilkan secara mungkin virtual reality," katanya.

Tak hanya itu, relief-relief juga akan ditampilkan secara tiga dimensi. Sehingga bisa menghibur wisatawan yang tak bisa wisata hingga ke puncak candi.

"Reliefnya menampilkan kearifan nenek moyang kita. Museum-museum itu yang bisa menampilkan secara 3D mungkin augmented reality, relief-relief yang ada di Borobudur," tambahnya.

Selengkapnya simak di sini.

Simak Video 'Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Pikirkan Masa Depan Candi Borobudur':

[Gambas:Video 20detik]



(yld/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT