ADVERTISEMENT

Survei CSIS: 58,8% Ahli Tak Yakin IKN Berjalan Sesuai Target

Eva Safitri - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 22:04 WIB
Jakarta -

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) merilis survei terkait persepsi ahli terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Hasilnya, sebanyak 58,8% ahli tidak yakin IKN berjalan sesuai target.

Survei ini dilakukan pada 29 Maret-12 April 2022. Jumlah sampel yakni 170 orang yang terdiri dari dari peneliti, akademisi, wartawan, birokrat, hingga politikus.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka 110 orang, dan sisanya 60 orang dilakukan secara virtual. Kendali mutu dilakukan mulai dari perekrutan enumerator, pelaksanaan training, pengumpulan data hingga validasi dan verifikasi data.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes mengatakan lebih dari 50% responden menjawab tidak yakin pembangunan IKN bakal terealisasi. Lebih dari 60% ahli juga menilai APBN tidak cukup mendanai IKN.

"Tingkat pesimisme ahli terhadap program IKN cukup tinggi. (Sebesar) 58,8% responden ahli tidak yakin program IKN akan terealisasi. Dan 69,4% responden ahli menilai APBN tidak mampu mendanai program tersebut," kata Arya dalam keterangannya, Senin (6/6/2022).

Selain itu survei ini juga mengungkap persepsi para ahli yang tidak yakin masalah di Jakarta akan berkurang usai pemindahan ibu kota.

Masalah-masalah tersebut di antaranya kemacetan, penataan lingkungan kumuh, banjir, hingga akses air bersih. Mayoritas responden menyatakan tidak yakin masalah itu akan berkurang.

"Sebagian besar responden ahli juga tidak yakin permasalahan-permasalahan Jakarta akan berkurang setelah Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara," ujarnya.

(eva/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT