ADVERTISEMENT

RUU Larangan Minuman Beralkohol Bakal Ganti Judul, Ini Alternatifnya

Matius Alfons - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 20:16 WIB
Wasekjen PPP Achmad Baidowi
Achmad Baidowi (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Baleg DPR RI kembali membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol. Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi mengungkap adanya peluang untuk mengganti judul RUU Larangan Minuman Beralkohol.

"Ya memang pada praktiknya politik hukum kita berkembang, jadi bisa saja ya, apakah dimungkinkan? mungkin sekali berubah judul," kata Awiek saat rapat Baleg DPR RI, di gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Meski demikian, Awiek mengatakan, untuk sementara ini judul RUU Larangan Minuman Beralkohol masih akan mengikuti apa yang tertera dalam prolegnas. Dia menyebut masih terbuka ruang diskusi berkaitan dengan judul RUU tersebut.

"Tapi kan kita sekarang hari ini masih mengikuti apa yang tertera dalam prolegnas, toh ini kan baru pendalaman untuk penyusunan draf," ucapnya.

"Karena sifatnya hari ini masih dalam rangka penyusunan, masih istilahnya mendengarkan tanggapan, nanti yang disampaikan para anggota itu menjadi pertimbangan dalam penyempurnaan draf," lanjut dia.

Sementara itu, Tenaga Ahli Baleg DPR Abdullah Mansur mengungkap ada sejumlah hal baru juga yang akan dibahas dalam RUU Larangan Minuman Beralkohol. Dia menyebut RUU saat ini sudah mengandung bab terkait minuman beralkohol tradisional.

"Dalam draf RUU yang baru ini terdiri dari 8 bab dan 37 pasal. Di antara yang beda dari draf pengusul awal dulu yang, sekarang ini sudah ada bab tentang minuman beralkohol tradisional di samping beberapa pasal yang di dalamnya ada perubahan, pengaturan minuman beralkohol tradisional, ini di antaranya aspirasi dari Bali yang cukup intens menyampaikan ini," ujar dia.

Selain itu, dia menyebut beberapa alternatif perubahan judul RUU Larangan Minuman Beralkohol. Di antaranya RUU Minuman Beralkohol, Pengendalian Minuman Beralkohol, dan Pembatasan Minuman Beralkohol.

"Alternatif judul ada RUU Larangan Minuman Beralkohol, atau RUU tentang Minuman Beralkohol atau Pengendalian Minuman Beralkohol atau Pembatasan Minuman Beralkohol. Dalam Prolegnas Prioritas 2022 masih tercantum RUU Larangan Minuman Beralkohol," tutur dia.

Simak Video: RUU Larangan Minol hingga Perlindungan Tokoh Agama Jadi Prioritas 2021

[Gambas:Video 20detik]



(maa/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT