ADVERTISEMENT

Bantu Wujudkan Industri Hijau, MIND ID Adakan BIGMIND Innovation Award

Dea Duta Aulia - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 19:17 WIB
MIND ID
Foto: dok. MIND ID
Jakarta -

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID yang beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), dan PT Timah Tbk adakan roadshow BIGMIND Innovation Award pada 3 Juni 2022 di Medan. Kompetisi yang diikuti 450 peserta ini bertujuan untuk membantu menjawab tantangan dari industri pertambangan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Direktur Operasi dan Portfolio MIND ID Danny Praditya, Staf Khusus Menteri ESDM bidang percepatan pembangunan infrastruktur dan Investasi Triharyo Indriawan Soesilo, dan Kepala Departemen Engineering PT Inalum (Persero) Edi Mugiono.

"Kompetisi inovasi ini diharapkan mampu memotivasi para periset dan inovator Indonesia untuk mampu berpikir kritis dan menjadi lebih kreatif. Dunia saat ini lebih membutuhkan orang kreatif untuk menghadapi tantangan masa depan. MIND ID saat ini terus menyoroti ragam inovasi dalam lanskap pertambangan yang ada," kata Direktur Pengembangan Usaha Dilo Seno Widagdo dalam keterangan tertulis, Senin (6/6/2022).

Ia menjelaskan pihaknya mengundang sejumlah kalangan seperti startup, akademisi, komunitas, hingga karyawan pertambangan untuk turut menghadirkan sejumlah inovasi dan solusi dalam dunia pertambangan khususnya guna mewujudkan industri hijau.

"BIGMIND Innovation Award 2022 terbuka bagi semua kalangan untuk bergabung dan mengirimkan karya inovasinya. 12 tim terbaik berkesempatan memenangkan hadiah total Rp 900 juta. Tim yang hasil karyanya mampu menjawab tantangan perusahaan serta dapat diimplementasikan di lingkungan Grup MIND ID juga mendapat kesempatan untuk mengikuti program inkubasi," katanya.

Dilo mengatakan, selain di Medan, acara serupa juga akan diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia. Nantinya setiap acara akan diisi oleh talkshow dengan narasumber relevan seperti para praktisi, expert, dan pelaku usaha yang akan memberikan informasi seputar industri pertambangan Indonesia.

"Roadshow BIGMIND selanjutnya diselenggarakan pada 17 Juni 2022 melalui webinar dengan topik Proses Industri dan Digitalisasi. Lalu selanjutnya Makassar 24 Juni 2022 dengan topik Eksplorasi dan Pertambangan," tutupnya.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT