PM Australia Anthony Albanese Siap Hadiri KTT G20 di Bali

ADVERTISEMENT

PM Australia Anthony Albanese Siap Hadiri KTT G20 di Bali

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 13:52 WIB
Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese
Presiden Jokowi dan PM Australia Anthony Albanese (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta -

PM Australia Anthony Albanese siap menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022. Albanese menilai peran G20 sangat penting bagi ekonomi dunia yang saat ini dilanda ketidakpastian.

"Hari ini saya confirm ke Presiden Widodo bahwa saya akan menghadiri KTT G20 di Bali pada November. Saya melakukan itu karena kerja-kerja G20 sangat penting bagi ekonomi dunia saat ini yang tidak pasti," kata Albanese dalam pernyataan bersama usai pertemuan bilateral di Istana Bogor seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/6/2022).

Albanese mengatakan bakal bekerja sama dengan Indonesia untuk menangani berbagai tantangan yang bakal dihadapi dalam upaya pemulihan ekonomi dunia pasca-COVID-19. Albanese juga siap mendukung Indonesia dalam menyukseskan G20.

"Saya akan bekerja sama secara erat dengan Presiden Widodo untuk membantu menyukseskan KTT seperti kita diskusikan pada pagi ini," ujar Albanese.

Harapan agar Albanese hadir di KTT G20 sebelumnya disampaikan langsung oleh Jokowi dalam pernyataan pers bersama. Jokowi juga berharap kerja sama dengan Australia di kawasan juga terus ditingkatkan.

"Saya berharap PM Albanese dapat hadir dalam KTT G20 di bulan November di Bali," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyebut Albanese bukan orang baru bagi dirinya. Jokowi pernah bertemu dengan Albanese pada 2020.

"Perdana Menteri Albanese bukan orang baru bagi saya. Kita pernah bertemu di tahun 2020 dan Indonesia juga menjadi negara pertama yang dikunjungi pada saat beliau terpilih sebagai ketua oposisi di tahun 2019," ujar Jokowi.

(knv/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT