ADVERTISEMENT

Maraton Surya Paloh Bertemu 4 Ketum Parpol Plus SBY

Zhacky - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 13:02 WIB
Surya Paloh
Surya Paloh (dok. Istimewa)
Jakarta -

Dalam jeda waktu tak terlalu jauh, Ketua Umum Surya Paloh secara maraton menerima kunjungan sejumlah Ketua Umum hingga petinggi parpol. Terkini, Surya Paloh menerima kunjungan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kalau melihat ke belakang, setidaknya ada sejumlah ketua umum parpol yang berkunjung ke NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, dan bertemu Surya Paloh. Selain SBY, ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan bahkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dimulai dari yang paling terkini bertemu dengan Surya Paloh. Berikut ini rinciannya:

- SBY

SBY bertandang ke NasDem Tower dan bertemu Surya Paloh pada Minggu (5/6/2022) malam. Kabar pertemuan SBY dan Surya Paloh dibenarkan elite Demokrat Andi Arief.

Dalam kunjungannya, Surya Paloh didampingi Sekjen NasDem Johnny G Plate dan Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu Prananda Paloh. Sedangkan SBY didampingi AHY, Ketua Umum Demokrat yang juga putra sulungnya.

Andi Arief mengungkap kegiatan SBY menemui Surya Paloh dalam rangka kunjungan balasan. Diketahui, Surya Paloh sempat menjenguk SBY di Amerika Serikat (AS).

"Kunjungan balik Pak SBY atas kunjungan SP di Amerika saat SBY berobat. Sebagai orang Timur layaknya begitu," kata Andi Arief saat dimintai konfirmasi, Senin (6/6/2022).

- Prabowo Subianto

Beberapa hari sebelum kunjungan SBY, Surya menerima kunjungan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan Surya Paloh juga digelar di NasDem Tower.

Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo digelar pada Rabu (1/6/2022. Dari NasDem, elite yang hadir di antaranya Enggartiasto Lukita, Ahmad Sahroni, dan Willy Aditya.

Sementara dari Gerindra, ada Sekjen Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono.

Menurut Surya Paloh, pertemuannya dengan Prabowo itu sebagai romantisme semangat persahabatan untuk kemajuan bangsa. Sehari setelah pertemuan itu, Paloh kembali mengungkap obrolannya dengan Prabowo.

"Banyak kita cerita, bukan baru ya. Kita bicara lepas-lepas aja ya kan, tidak hanya dalam kapasitas dia sebagai Ketum Gerindra, saya Ketum NasDem, sebagai teman juga," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Kamis (2/6/2022).

Dalam pertemuan itu, Surya Paloh mengaku sempat bertanya ke Prabowo, apakah akan maju jadi capres 2024. Namun pertanyaan itu dilontarkan tak secara serius.

"(Jawaban Prabowo) itu rahasia, misteri," kata Surya Paloh mengulas jawaban Prabowo.

- AHY

Dua bulan sebelum kunjungan SBY, tepatnya pada 29 Maret 2022, AHY bertemu Surya Paloh di NasDem Tower. Dalam pertemuan, AHY menyampaikan harapan SBY kepada Surya Paloh.

AHY menyampaikan harapan SBY agar Demokrat dan NasDem terus berperan untuk negeri. Hal inilah yang terus didiskusikan Paloh dengan SBY sejak 2004.

"Harapannya tadi beliau sampaikan semoga NasDem dan Demokrat bisa terus berperan dan semakin berperan ke depan untuk negeri seperti yang sering Pak Surya Paloh dan Pak SBY diskusikan sejak 2004 perjalanan panjang," ujar AHY di NasDem Tower usai pertemuan, Selasa (29/3/2022).

Simak soal pertemuan Surya Paloh dengan 2 ketua umum parpol lain di halaman berikutnya.

Lihat Video: Surya Paloh Puji Erick Thohir, Sinyal Beri Dukungan?

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT