Gage di Jl Ahmad Yani Jakpus, Mobil Pelat Ganjil Diberhentikan Polisi

ADVERTISEMENT

Gage di Jl Ahmad Yani Jakpus, Mobil Pelat Ganjil Diberhentikan Polisi

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 09:34 WIB
Ganjil genap di Jl Ahmad Yani, Jakarta Pusat (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Foto: Ganjil genap di Jl Ahmad Yani, Jakarta Pusat (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Jakarta -

Perluasan ganjil genap (gage) di DKI Jakarta diberlakukan hari ini. Salah satunya di Simpang Perintis Kemerdekaan, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom Senin (6/6/2022) pada pukul 08.30 WIB, terlihat sejumlah mobil diberhentikan oleh polisi. Mobil-mobil tersebut berplat nomor ganjil.

Sesekali petugas memberikan arahan mengenai perluasan ganjil genap. Tidak ada protes dari para pelanggar.

Menurut Kanit Lantas Polsek Cempaka Putih, AKP Djoko Siswanto para pelanggar kebanyakan berasal dari gerbang keluar tol Cempaka Putih. Padahal, ada papan informasi pemberlakuan ganjil genap di sepanjang tol.

"Kebanyakan keluar tol dari Cempaka Putih yang notabene kantornya ada di Jakarta Pusat ataupun Jakarta Utara, maupun arteri," ucap Djoko ketika ditemui di Simpang Perintis Kemerdekaan, Senin (6/6/2022).

"Sebenernya di setiap ruas jalan dari Cempaka Putih Raya, dari Rawa Sari sudah ada rambu-rambunya, maupun jalan tol, setiap akses yang menuju Jalan Ahmad Yani ataupun (Jalan) DI Panjaitan itu sudah ada plang," sambungnya.

Djoko menjelaskan pemberlakuan perluasan ganjil genap sudah diberlakukan sejak hari ini hingga 12 Juni, dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Sebelumnya Pemerintah DKI Jakarta, bersama dengan Polda Metro Jaya, memberlakukan perluasan ganjil genap menjadi 26 titik di DKI Jakarta. Karena masa uji coba, belum ada sanksi tilang di 13 ruas jalan baru.

"Kemudian tanggal 6-12 Juni selama seminggu kita akan laksanakan uji coba," tutur Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Jumat (27/5).

Sambodo mengatakan, akan ada tindakan kepada pelanggar selama masa uji coba. Namun, tidak sampai memberi tilang.

"Uji coba dalam arti, ketika ada pelanggaran di 13 kawasan yang baru tersebut, tidak langsung kita berikan tindakan dengan tilang, tapi kita laksanakan dengan peneguran," kata Sambodo, Senin (30/5).

Simak video '13 Titik Baru Lokasi Ganjil Genap DKI Diuji Coba Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT