ADVERTISEMENT

Regional Update

Polemik Tiket Borobudur-Ibu Kritis Digorok Akhirnya Meninggal

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Jun 2022 07:13 WIB
Ancient Buddha statue and stupa at Borobudur temple in Yogyakarta, Java, Indonesia.
Foto: Getty Images/iStockphoto/platongkoh
Jakarta -

Sejumlah berita regional pada Minggu, 5 Juni 2022, menyedot perhatian pembaca. Polemik tiket masuk Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu yang paling disorot. Kemudian ada pula berita kriminal pembunuhan di mana korban yang sempat kritis setelah digorok akhirnya meninggal dunia. Simak berita-berita pilihan regional selengkapnya.

Wacana Kenaikan Tarif Tiket Masuk Candi Borobudur

Publik dan pengusaha kecil di sekitar kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur sempat geger lantaran wacana dinaikkannya tiket masuk. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan rencana kenaikan harga tiket menjadi Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal dan USD 100 untuk wisatawan mancanegara.

Hal itu mendapat tanggapan dari berbagai kalangan. Wisatawan lokal menjerit karena keberatan dengan wacana tersebut. Pedagang juga menilai wacana tersebut memberatkan. "Kalau tiket sampai segitu (naik menjadi Rp 750) kayaknya memberatkan, karena yang ke sini nggak hanya orang berduit," jelas salah seorang pedagang TWC Borobudur, Asmiati (42).

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut menanggapi wacana kenaikan tiket masuk Borobudur ini. Menurut dia, perbedaan tarif tiket diberlakukan untuk tiket masuk ke pelataran candi dan tiket untuk naik ke bangunan candi.

Baca penjelasan Gubernur dan rupa-rupa pendapat berbagai pihak tentang wacana kenaikan tarif tiket masuk Borobudur ini hanya di detikJateng.

Viral Pendaki Diduga Kesurupan di Gunung Gede Pangrango

Sebuah video viral di Jawa Barat. Seorang pendaki perempuan diduga kesurupan saat mendaki Gunung Gede Pangrango pada siang hari.

Dalam video berdurasi satu menit dua detik tersebut, pendaki perempuan itu tergeletak di tengah jalur pendakian dan dikelilingi pendaki lainnya. Beberapa orang sempat berusaha menyadarkan perempuan yang sesekali menangis dan tertawa itu. Salah seorang dari mereka juga melanjutkan ayat suci Al-Quran.

Informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi pada 29 Maret 2022 di kawasan pos 3 jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri. Baca berita selengkapnya hanya di detikJabar.

Simak video 'Pro Kontra Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]



Berikutnya simak berita tentang kasus ibu yang sempat kritis usai digorok penjual es dan akhirnya meninggal di Kalimantan Selatan. Lihat di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT