ADVERTISEMENT

Megawati Bakal Jadi Penguji Disertasi Sekjen PDIP Hasto di Unhan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 23:56 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sekjen PDIP Hasto Kritiyanto (Esti Widiyana).
Bogor -

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto akan melaksanakan sidang promosi doktoral di Universitas Pertahanan (Unhan) Bogor, besok. Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri akan menjadi salah satu pengujinya.

"Deg-degan itu adalah hidup hahaha. Iya dong, ditambahkan sama Ibu Mega 'pokoknya saya akan kasih pertanyaan yang sangat sulit,' jadi deg-degan," kata Hasto di Universitas Pertahanan (Unhan) Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/6/2022).

Hasto mengatakan pihaknya juga turut mengundang sejumlah menteri dalam sidang promosi doktoral ini. Sementara itu, kata Hasto, Presiden Joko Wododo berhalangan hadir karena harus mengikuti acara kenegaraan menerima PM dan Menlu Australia.

"Beberapa menteri juga hadir hanya karena besok Presiden Jokowi menerima kunjungan dari Perdana Menteri Australia didampingi menteri luar negeri Australia, maka Ibu Menteri Luar Negeri Ibu Retno tadi menyampaikan tidak bisa hadir di acara ini, tetapi beberapa menteri juga kami undang karena kepemimpinan strategis dalam cara pandang geopolitik ini menggugah kembali suatu kesadaran tentang kepentingan misi Indonesia bergerak keluar," ucap Hasto.

Hasto mengatakan tema penelitian program doktoral yang akan dibawakan esok hari seputar pemikiran geopolitik Presiden pertama RI Soekarno. Dia menyebut gagasan pemikiran Bung Karno soal geopolitik dapat melihat bagaimana kepemimpinan Indonesia itu luar biasa di mata dunia.

"Soekarno menggagas suatu pemikiran yang sangan genuine, sekaligus mengkoreksi mengapa Eropa barat cenderung melakukan ekspansi, melakukan penjajahan dan dari benang merah yang disampaikan oleh Ibu Megawati, saya tertarik atas gagasan geopolitik dan melihat bagaimana kepimpinan Indonesia bagi dunia itu luar biasa," ucapnya.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT