ADVERTISEMENT

Anggota DPRD DKI F-PDIP: Jokowi Hadir Bukan Berarti Dukung Formula E

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 05 Jun 2022 08:35 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: dok. DPRD DKI)

Ketua Fraksi PDIP DKI Gembong Warsono juga mengkritik acara Formula E. Dia menyebut acara tersebut lebih kental muatan politis daripada olahraga.

"Ini event olahraga, namun spirit olahraganya sudah hilang, justru yg mengental aroma politisnya, ya dalam pembicaraan di publik. Kan lebih banyak perdebatan politiknya dibandingkan dengan esensi olahraganya, karena ajang balapan Formula E itu dibawa ke Jakarta, sudah sangat terlihat muatan politisnya," sebutnya.

Dia juga menyebut kehadiran Jokowi di acara itu hanya sebatas undangan VVIP.

"Kehadiran Jokowi dalam ajang balap mobil listrik itu saya pikir sebagai undangan VVIP," imbuhnya.

Jokowi sebelumnya menonton perhelatan mobil listrik sejak dimulai hingga selesai. Jokowi didampingi sejumlah tokoh, mulai Gubernur DKI Anies Baswedan hingga Ketua DPR Puan Maharani serta jajaran kabinet Jokowi lainnya.

Jokowi juga menyerahkan piala ke pemenang Formula E Jakarta, Mitch Evans. Setelah itu, Jokowi, Anies, hingga Puan terlihat turun dari panggung. Para pebalap kemudian terlihat berswafoto mengarah ke penonton.

Seusai penyerahan piala, Jokowi mengaku bersyukur Formula E bisa berjalan lancar. Dia mengatakan Formula E merupakan ajang balapan masa depan.

"Menjadi sebuah tontonan yang ke depan menurut saya akan semakin digemari dan ini juga bagus untuk negara kita karena kita ingin membangun ekosistem baterai listrik mulai dari nickel raw material, smelter, industri lithium battery, kemudian mobil listriknya," ujarnya.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di Formula E akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," lanjut Jokowi.

Jokowi juga menepis pemerintah pusat tidak mendukung Formula E. Dia menjelaskan dukungan itu diberikan lewat kemudahan perizinan hingga proses di Bea dan Cukai.

"Saya kira mulai dari pembangunan sirkuitnya, saya juga turun untuk melihat persiapan," kata Jokowi.

"Kemudian juga semua yang berkaitan dengan barang-barang masuk, Bea Cukai, kemudian Kementerian Keuangan, Kemenparekraf juga, izin semua dikeluarkan. Itu bentuk dukungan," sambungnya.


(maa/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT