ADVERTISEMENT

Jokowi Serahkan Piala Juara I Dinilai Pertanda Formula E Event Negara

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 04 Jun 2022 18:03 WIB
Presiden Jokowi di arena Formula E, Ancol, 4 Juni 2022. (Laily Rachev - Biro Pers Setpres)
Foto: Presiden Jokowi di arena Formula E, Ancol, 4 Juni 2022. (Laily Rachev - Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan piala kepada pemenang balapan Formula E, Mitch Evans. Penyerahan piala oleh Jokowi hingga kehadirannya ke acara Formula E dinilai bisa mengandung banyak arti.

Pakar gestur Handoko Gani mengatakan gaya komunikasi penyerahan piala oleh Jokowi ini menunjukkan acara Formula E didukung oleh Presiden. Selain itu, dia menyebut kehadiran Jokowi juga memberi pesan Formula E di Jakarta merupakan event negara, bukan Provinsi DKI Jakarta.

"Saya yakin ini gaya komunikasi yang ingin menyampaikan bahwa perhelatan Formula E ini didukung oleh seorang Jokowi Presiden RI, Menparekraf, Ketua MPR dan Ketua DPR serta Menteri Investasi Indonesia, serta Kapolri. Kehadiran seorang Jokowi ini bisa jadi memberi pesan juga kepada Chief Competition Officer Formula E (E-Prix) Co-Founder Formula E Alberto Longo dan jajaran team-nya bahwa Formula E di Jakarta ini adalah event nasional atau negara. Bukan event Provinsi DKI Jakarta," kata Handoko saat dihubungi, Sabtu (4/6/2022).

Handoko mengaku tidak mengetahui apakah penyerahan piala juara Formula E ini harus dilakukan oleh seorang kepala negara. Namun, kata dia, yang jelas kehadiran Jokowi di acara tersebut bisa diartikan bahwa Formula E bisa saja diadakan di provinsi lain, bukan hanya di Jakarta.

"Yang saya ingin duga adalah bahwa dengan kehadiran Jokowi, Menparekraf, Menteri Investasi, Ketua MPR dan Ketua DPR, serta Kapolri, maka hal itu memberi pesan bahwa Formula E bisa diadakan di provinsi lain. Bukan milik Provinsi DKI Jakarta. Tapi milik negara, dan harusnya ke depannya adalah keputusan negara, bukan keputusan provinsi," ucapnya.

"Jadi, betul, pesan ini clear mengatakan bahwa sebuah keputusan penyelenggaraan event kelas internasional bukan milik seorang kepala daerah, tetapi milik negara. Kalau suatu saat Formula E diadakan di Bali misalnya, maka Presiden saat itu, Menparekraf, Menteri Investasi, dan lainnya juga akan hadir. Dan Gubernur Bali bisa mengklaim keberhasilan penyelenggaraan," lanjut dia.

Simak penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Jokowi Nonton Langsung Formula E, Duduk Sebelah Puan & Anies':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT