ADVERTISEMENT

Bikin Resah, Monyet yang Serang 2 Warga di Pandeglang Diamankan BKSDA

Aris Rivaldo - detikNews
Jumat, 03 Jun 2022 16:20 WIB
Monyet yang Serang 2 Warga di Pandeglang Diamankan BKSDA
Monyet yang menyerang dua warga di Pandeglang diamankan BKSDA (Foto: dok. Istimewa)
Pandeglang -

Monyet peliharaan warga yang lepas dan menyebabkan dua orang luka di Cigadung, Pandeglang, diamankan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Serang. BKSDA mengamankan monyet tersebut dengan cara sumpit bius.

"Melumpuhkan monyet tersebut dengan cara sumpit bius," kata Kepala BKSDA Serang Tuwuh Rahadianto, Jumat (3/6).

Tuwuh mengatakan monyet tersebut berada di atas pohon pada saat hendak dilumpuhkan. Monyet dengan berat 6 kg itu dilumpuhkan petugas dan langsung disuntik vaksin rabies.

"Selanjutnya satwa disuntik vaksin rabies dan dievakuasi ke kantor BKSDA Serang untuk rehabilitasi dan, apabila sudah dinyatakan sehat dan layak dilepasliarkan, akan kami lepas-liarkan di habitatnya," katanya.

Tuwuh mengimbau warga tidak memelihara satwa liar yang nantinya merugikan masyarakat. Ia meminta masyarakat yang memelihara satwa liar yang dilindungi untuk menyerahkan ke BKSDA untuk rehabilitasi dan dilepasliarkan ke habitatnya.

"Jangan memelihara satwa liar yang nantinya akan merugikan masyarakat, seperti monyet jenis satwa liar yang dilindungi, yang bisa mendatangkan bibit penyakit seperti rabies ataupun hepatitis. Tidak memelihara binatang yang dilindungi karena itu ada sanksi hukumnya," terangnya.

Diketahui, sebelumnya seekor monyet peliharaan warga Cigadug, Kelurahan Cigadung, Karang Tanjung, Pandeglang, lepas bikin resah. Monyet tersebut menyerang pemilik hingga warga sekitar.

Pemilik monyet bernama Sumirjo menyebut hewan peliharaannya itu lepas sejak dua hari lalu. Menurut Sumirjo, monyet itu sebelumnya diikat dengan rantai, namun tiba-tiba lepas.

"Awalnya monyet itu dirantai, tiba-tiba lepas, terus berkeliaran, terus sampai gigit saya juga sampai 42 jahitan, termasuk tetangga juga kena gigitan sama dijahit juga," kata Sumirjo.

Lihat juga video 'Turis Bali Hilang Bikin Kawanan Monyet Kelaparan-Serbu Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT