ADVERTISEMENT

Cuaca Ekstrem di Puncak Lawu, Pendaki Diwanti-wanti Jangan Modal Nekat!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Jun 2022 17:27 WIB
Pos masuk Gunung Lawu di Karanganyar.
Pintu masuk jalur pendakian Gunung Lawu (Foto: Andika Tarmy)
Jakarta -

Puncak Gunung Lawu dilanda cuaca ekstrem dalam beberapa hari terakhir. Suhu di gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu sangat dingin bahkan mendekati nol derajat Celsius.

"Cuaca ekstrem sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu. Di kawasan puncak Gunung Lawu suhunya sangat dingin, bahkan mendekati 0 derajat Celsius," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Bagus Darmadi seperti dilansir dari detikJateng, Kamis (2/6/2022).

Bagus menambahkan, sesuai musim, sebenarnya saat ini masuk musim kemarau. Namun justru di puncak Gunung Lawu sekarang ini suhunya semakin dingin dibanding saat musim hujan.

"Di puncak Lawu suhunya bisa semakin menurun dan semakin dingin, karena mendekati titik terendah. Bahkan bisa sampai muncul embun es itu," ucapnya.

Kondisi tersebut, kata Bagus, sering tidak disadari oleh para pendaki hingga tidak sedikit yang mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, Bagus meminta para pendaki tidak memaksakan diri.

"Itu yang sering tidak disadari teman-teman yang suka petualang. Mereka kadang hanya modal semangat saja. Seharusnya juga modal pengalaman, kondisi ini juga harus dipahami. Dan jangan memaksakan diri bila kondisi fisik tidak memungkinkan. Kalau hanya modal nekat, bisa membahayakan," tegasnya.

Simak selengkapnya di sini.

Simak video 'Secara Umum Kota-kota di Indonesia Berpotensi Hujan, Cek Kota Anda di Sini!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT