ADVERTISEMENT

Anggota Watimpres Distribusikan Bantuan Obat Malaria ke NTB

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Jun 2022 00:33 WIB
Anggota Watimpres Distribusikan Bantuan Obat Malaria ke NTB
Foto: Anggota Watimpres Distribusikan Bantuan Obat Malaria ke NTB (dok.ist)
Jakarta -

Obat malaria Artesun injection didistribusikan ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Aggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) HR Agung Laksono menyebut obat ini dibutuhkan bagi penderita malaria di NTB.

"Artesun injection ini bermafaat dan dibutuhkan bagi penderita Malaria, saya berharap bantuan ini bisa menolong saudara-saudara kita di sini," kata Agung dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/5/2022).

Pendistribusian obat ini dilakukan dalam rangka memperingati hari malaria se-dunia. Obat-obatan ini diserahkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu kepada Wantimpres yang selanjutnya disalurkan melalui Kosgoro 1957.

Agung menjelaskan obat artesun injection ini merupakan obat untuk kasus malaria berat. Agung mengatakan dirinya juga telah memesan seribu box obat malaria dosis anak, disebutkan dosis anak ini baru mendapatkan izin edar di Indonesia dan akan tersedia pada Oktober mendatang.

"Obat Artesun injection yang dibutuhkan sebanyak 450 vial berasal dari Pabrikan Berstandar tertinggi yaitu PQ WHO dari PT Fosun Pharma," ujarnya.

"Saya pribadi sebagai Anggota Wantimpres mendapatkan stock ini dari PT Bhineka Usada Raya dan menyumbangkan kepada kosgoro 1957 dan mengorder sebanyak seribu box obat malaria dosis anak kecil dimana khususnya obat malaria dosis anak ini baru mendapatkan izin edar di Indonesia," sambungnya.

Agung mengatakan di Papua kasus malaria sebanyak 89 persen dengan 39 persen kasus meninggal adalah anak-anak. Sehingga obat malaria untuk anak disebut sangat penting.

"Prevalansi malaria 89 persen ada di Papua dimana 39 persen yang meninggal adalah anak kecil dan Indonesia nomor dua tertinggi setelah India, maka obat untuk anak-anak ini sangat penting," kata Agung Laksono.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957 Dave Akbarshah Fikarno Laksono berharap obat-obat yang diberikan dapat bermanfaat. Serta dapat menangani kasus malaria yang terjadi.

"Semoga obat-obatan ini bermanfaat dalam upaya menyembuhkan para penderita malaria berat di Indonesia, harus ada penanganan cepat apa lagi, jika kasus Malaria ini menyerang anak-anak Indonesia. Ini berbahaya sekali," pungkasnya.

(dwia/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT