ADVERTISEMENT

Rute Baru KRL, Begini Kepadatan di Stasiun Tanah Abang Saat Jam Pulang Kerja

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 19:01 WIB
Kondisi stasiun Tanah Abang Selasa (31/5) sore
Kondisi stasiun Tanah Abang Selasa (31/5) sore (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat masih tampak padat di saat jam pulang kerja. Diketahui, hari ini merupakan hari keempat KRL mengubah aturan switch over atau rute baru yang diberlakukan di Stasiun Manggarai.

Pantauan detikcom di lokasi Selasa (31/5/2022) pukul 17.50 WIB, kepadatan penumpang KRL terlihat di Stasiun Tanah Abang. Penumpukan penumpang masih terjadi di peron.

Penumpukan penumpang sangat terlihat di peron 2 yang mengarah ke Duri, Angke dan Jatinegara. Kemudian di peron 3 arah Bekasi, Cikarang via Manggarai.

Terlihat para mereka berdiri sedikit berdesakan di sisi peron menunggu kereta tiba. Tak sedikit yang terlihat memaksa masuk ke dalam gerbong.

Di jembatan penghubung peron penumpang juga berlarian untuk menuju peronnya masing-masing. Mereka tidak ingin tertinggal kereta.

"Duh ngantri banget," keluh salah satu penumpang yang terdengar ketika menuju eskalator peron 2-3.

Kondisi stasiun Tanah Abang Selasa (31/5) soreKondisi stasiun Tanah Abang Selasa (31/5) sore (Foto: Karin Nur Secha/detikcom)

Selain itu, tak sedikit dari mereka juga bertanya rute kepada petugas. Terlihat masih ada yang kebingungan dengan aturan baru tersebut.

"Pak ini ke Bekasi peron berapa ya? Nggak harus transit kan?," tanya penumpang ke salah satu petugas.

"Iya di sini, di peron 3 nggak usah transit ya," jawab petugas.

Petugas membantu mengarahkan para penumpang agar tidak berdesakan. Mereka juga mengingatkan kepada penumpang terkait jalur baru melalui speaker yang dibawanya.

Diketahui, KAI Commuter mulai menerapkan perubahan pola operasi perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek akibat switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai. Penumpang KRL sempat menumpuk di stasiun tersebut.

Tercatat pada hari pertama penerapan aturan itu, Sabtu (28/5), ada 464.451 perjalanan di Stasiun Manggarai. Selain itu, tercatat sebanyak 20.152 penumpang.

Jumlah itu disebut mengalami kenaikan 60% dibanding sebelum penerapan aturan SO ke-5. Akibat membeludaknya jumlah penumpang di Stasiun Manggarai, KAI Commuter menyampaikan permintaan maaf.

"KAI Commuter memohon maaf terjadi kelambatan yang cukup tinggi pada hari pertama," VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Pura dalam keterangannya, Minggu (29/5).

Simak juga 'PT KCI Klaim Stasiun Bogor Lebih Terurai dengan Rute KRL Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT