Jejak Anggota Khilafatul Muslimin: Ditangkap Densus hingga Langgar Prokes

ADVERTISEMENT

Jejak Anggota Khilafatul Muslimin: Ditangkap Densus hingga Langgar Prokes

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 14:36 WIB
Selebaran yang dibagikan konvoi pemotor Khilafatul Muslimin di daerah Jaktim (Foto Antara)
Selebaran yang dibagikan konvoi pemotor Khilafatul Muslimin di daerah Jaktim (Foto: dok. Antara)
Jakarta -

Rombongan anggota Khilafatul Muslimin berkonvoi membawa atribut khilafah menjadi sorotan. Konvoi itu disebut tak hanya dilakukan di Jakarta.

Sebelum aksi konvoi menjadi sorotan, sejumlah anggota Khilafatul Muslimin pernah berurusan dengan kasus hukum. Anggota Khilafatul Muslimin sempat tersandung masalah terorisme hingga soal pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Berdasarkan catatan detikcom, Khilafatul Muslimin pernah diberitakan terkait dengan kasus terorisme pada akhir 2019.

Terkait Terorisme

Pada Minggu (13/10/2019), Densus 88 Antiteror Polri menggeledah kontrakan tersangka teroris berinisial NAS di Tambun, Kabupaten Bekasi.

Polisi menyebut NAS bagian dari Khilafatul Muslimin. Di situ ditemukan satu kardus berisi data Khilafatul Muslimin dan satu logo bordir Khilafatul Muslimin.

Selain itu, ditemukan buku panduan jihad, majalah terkait ISIS, hingga buku lain terkait khilafah. Polisi menyebut NAS punya kaitan dengan Abu Zee yang merupakan pimpinan kelompok JAD Bekasi.

Selain itu, polisi menyebut NAS bersama kelompok Abu Zee juga pernah berbaiat kepada eks pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi. Saat ini, Al-Baghdadi telah mati.

"(NAS) pernah membahas tentang khilafah bersama dengan kelompok Abu Zee," ujar Candra.

Barang bukti yang dikumpulkan dari rumah NAS, tersangka teroris yang ditangkap di Tambun, Kab Bekasi. (ANTARA FOTO/Arisanto)Barang bukti yang dikumpulkan dari rumah NAS, tersangka teroris yang ditangkap di Tambun, Kab Bekasi. (ANTARA FOTO/Arisanto)

Jaringan Abu Zee sempat mencuat setelah insiden penusukan eks Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang, Banten, pada Kamis (10/10) lalu. Pelaku penusukan bernama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara masih termasuk jaringan Abu Zee.

Sedangkan Abu Zee, yang merupakan pimpinan kelompok JAD Bekasi, sudah ditangkap pada 23 September 2019 lalu. Abu Rara dan Abu Zee baru sekali bertemu dan sempat berkomunikasi lewat media sosial.

3 Petinggi Jadi Tersangka Pelanggaran Prokes

Tiga orang petinggi Khilafatul Muslimin pernah jadi tersangka pelanggaran prokes COVID-19. Ketiganya adalah AQB (Khalifah Khilafatul Muslimin), C alias AB (Amir wilayah Bandar Lampung), dan ZI (Amir wilayah Lampung Selatan).

Dirreskrimum Polda Lampung AKBP Reynold Hutagalung mengatakan ketiganya diperiksa atas dugaan pelanggaran prokes pada kegiatan kirab jalan sehat peringatan 1 Muharam pada Selasa (10/8). Acara yang digelar di Kota Bandar Lampung dan Lampung Selatan itu disebut menimbulkan kerumunan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Respons Menag hingga Polda Metro soal Heboh Konvoi Khilafah di Cawang':

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT