Polisi Jelaskan Fahri 3 Kali Ikut Seleksi Padahal Buta Warna Parsial

ADVERTISEMENT

Polisi Jelaskan Fahri 3 Kali Ikut Seleksi Padahal Buta Warna Parsial

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 10:38 WIB
Kasus prostitusi Cassandra Angelie oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan menjelaskan Fahri ikut seleksi Bintara Polri padahal buta warna parsial. (Pool/Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menyatakan Fahri Fadillah Nur Rizky (21), yang dinyatakan gagal ikut pendidikan bintara Polri karena kondisi buta warna parsial, sudah berulang kali ikut seleksi. Polda Metro menjelaskan mengapa Fahri bisa berulang kali ikut seleksi padahal sudah dinyatakan gagal karena buta warna parsial.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan menjelaskan, tes buta warna (termasuk buta warna parsial) masuk tahapan seleksi. Ketika melakukan pendaftaran, peserta hanya diwajibkan memenuhi persyaratan mendaftar sebagai calon anggota Polri.

"Pada saat pendaftaran itu, semua orang yang memenuhi persyaratan, seperti batasan usia, pendidikan terakhir SMA/sederajat, tinggi badan, nilai ijazah, domisili KTP, persetujuan orang tua, dan sebagainya. Itu sebagai dasar untuk mendaftar dan dapat nomor," jelas Kombes Zulpan saat dihubungi detikcom, Selasa (31/5/2022).

Pada saat pendaftaran tersebut ada yang namanya pemeriksaan administrasi (rikmin). Peserta yang memenuhi persyaratan administrasi selanjutnya mendapatkan nomor peserta. Pada tahap ini peserta belum dites buta warna parsial.

"Demikian juga dengan Fahri ini. Jadi dia gagal itu di tahap seleksi," ujarnya.

Zulpan mengatakan, dalam kasus Fahri ini, yang bersangkutan sudah ketiga kalinya ikut seleksi. Dalam seleksi ini Fahri selalu gagal karena dinyatakan buta warna parsial.

"Pada tahun 2019 yang bersangkutan dalam uji seleksi calon Bintara tidak memenuhi syarat pada tahap pemeriksaan kesehatan dengan diagnosis buta warna parsial. Pada tahun 2020 yang bersangkutan ikut tes dan gagal dengan diagnosis buta warna parsial," ujar Zulpan.

Baca di halaman selanjutnya: Fahri belakangan diketahui buta warna parsial.

Lihat Video: Klarifikasi Polisi soal Viral Curhatan Calon Bintara Gagal karena 'Ditukar'

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT