ADVERTISEMENT

Pimpinan Komisi X DPR Harap Jokowi Panggil Nadiem soal RUU Sisdiknas

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 31 Mei 2022 08:16 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim rapat bareng Komisi X DPR. Dalam pemaparannya, Nadiem menjelaskan soal seleksi PPPK guru atau pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.
Nadiem Makarim (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak tahu ada proses RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengaku bingung terkait hal ini.

"Saya juga ikut bingung," ujar Dede saat dihubungi, Senin (30/5/2022).

Dede mengatakan hal ini menandakan kurangnya koordinasi pada tingkat pembantu presiden. Politikus Demokrat ini berharap Jokowi segera memanggil Mendikbudristek Nadiem Makarim.

"Ini menandakan koordinasi di tingkat para pembantu presiden kurang bagus. Semoga beliau segera memanggil menteri terkait, agar mendapat masukan resmi, jangan sampai rakyat atau asosiasi yang mengadu langsung," kata Dede.

Ia juga menuturkan saat ini pihaknya dan Kemendikbudristek belum melanjutkan pembicaraan terkait RUU Sisdiknas. Dede menilai pihaknya lebih mendorong terkait peta jalan pendidikan.

"Belum lagi. Kami lebih mendorong pada peta jalan," tuturnya.

Jokowi Disebut Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas

Sebelumnya diketahui topik perubahan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) disebut menjadi salah satu hal yang dibahas APPI saat beraudiensi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka. APPI mengklaim Presiden Jokowi menyatakan tidak tahu ada proses proses RUU Sisdiknas.

"Kami membicarakan persoalan-persoalan penting dan mendesak terkait masa depan pendidikan nasional, terutama terkait RUU Sisdiknas," ujar Ketua Dewan Pengarah APPI Doni Koesoema A dalam keterangan tertulis, Senin (30/5).

"Yang sangat mengejutkan bagi kami, dalam pertemuan hari ini Presiden menyatakan bahwa beliau tidak tahu ada proses perubahan UU Sisdiknas," kata Doni.

Doni menyebut Jokowi bersikap setelah mendengar adanya RUU Sisdiknas dalam pertemuan tersebut. Jokowi disebut bakal memanggil Mendikbud Nadiem Makarim.

Simak juga video 'Madrasah-SMA 'Hilang' di RUU Sisdiknas, Nadiem-Yaqut Beri Penjelasan':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT