MUI DKI Luncurkan Mujahid Cyber, Siap Lawan Hoax-Buzzer

ADVERTISEMENT

MUI DKI Luncurkan Mujahid Cyber, Siap Lawan Hoax-Buzzer

Indra Komara - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 22:04 WIB
Ketua Umum MUI DKI Jakarta
Ketua MUI DKI Munahar (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta secara resmi meluncurkan program Mujahid Cyber. Ketua Umum MUI DKI Jakarta KH Munahar Muchtar mengatakan Mujahid Cyber siap melawan berita bohong (hoax) dan pendengung (buzzer).

"MUI DKI siap menjadi yang terdepan untuk melawan hoax dan para buzzer," kata KH Munahar dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (30/5/2022).

Peluncuran Mujahid ini dilakukan dalam acara Halalbilhalal dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar di Harris Hotel, hari ini. Munahar menuturkan sebelumnya ada sejumlah nama mengemuka untuk pejuang cyber MUI DKI Jakarta ini.

"Setelah masukan dari tokoh-tokoh nasional akhirnya diputuskan namanya Mujahid Cyber," kata KH Munahar.

Munahar mengatakan hingga saat ini ada pihak yang tak suka dengan MUI DKI. Namun dia menegaskan MUI DKI akan terus bekerja.

"Biar saja mereka nyinyir sampai bibirnya dower, kita tetap jalan saja," kata Munahar.

Munahar mengucapkan terima kasih kepada kinerja bidang Infokom MUI DKI yang dipimpin Faiz Rafdi hingga bisa terbentuk Mujahid Cyber. Dia berharap Infokom MUI DKI segera menggaungkan Mujahid Cyber sehingga semakin diketahui masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bidang Infokom MUI DKI Jakarta KH Faiz Rafdi mengatakan Mujahid Cyber punya tugas pokok mencerdaskan literasi digital umat. Dia menambahkan Mujahid Cyber ini juga bertugas meluruskan informasi yang tidak benar.

"Mujahid Cyber ini berfungsi sebagai Khadimul Ummat (pelayan umat) dan Shadiqul Hukumah (mitra pemerintah) dalam informasi dan komunikasi," kata Kiai Faiz.

Baca berita selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT