ADVERTISEMENT

5 Jejak Keji Teroris KKB Lerinus Murib: Tembaki TNI-Bunuh Karyawan PTT

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 30 Mei 2022 21:22 WIB
Sebanyak 8 jenazah korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dievakuasi petugas gabungan. Proses evakuasi gunakan 3 heli dari pihak PTT dan 1 heli milik TNI.
Proses evakuasi 8 jenazah karyawan yang dibantai KKB di kamp PTT Distrik Beoga, Kabupaten Puncak. (Foto: Dok. Satgas Damai Cartenz)
Jakarta -

Seorang anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) tewas dalam kontak tembak di sekitar lapangan Trikora Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Anggota KKB Lerinus Murib punya sejumlah catatan kriminal.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan Lerinus Murib tewas dalam kontak tembak yang terjadi pada Jumat (27/5).

Dia mengatakan kontak senjata tersebut terjadi ketika personel Satgas Ops Damai Cartenz 2022 melakukan kegiatan patroli di sekitar lapangan Trikora. Saat itu, di lapangan tersebut sedang dilaksanakan kegiatan acara bakar batu.

"Iya, benar ada satu anggota KKB yang MD (meninggal dunia), yakni atas nama Lerinus Murib (anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib)," ujar Kombes Kamal, Senin (30/05/2022).

Dia menambahkan, berdasarkan keterangan personel yang berada di lokasi kejadian, personel telah memastikan kematian anggota KKB tersebut dari hasil laporan warga.

"Akan tetapi jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan sudah mereka bakar pada Jumat malam Sabtu," tutur Kamal.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa KamalKabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal (Foto: dok. istimwa)

Pada Minggu (29/6) pagi, warga menemukan sesosok mayat Yakianus Labene (25) di sekitar TKP kontak tembak, di posisi KKB. Polisi masih mendalami keterlibatan Yakianus dengan KKB.

"Pada hari Minggu pukul 10.42 WIT, Jenazah pemuda tersebut sudah disemayamkan oleh pihak keluarga dengan cara adat yakni dibakar," katanya.

Untuk diketahui situasi saat ini di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak terpantau aman dan kondusif serta masyarakat masih melakukan aktivitas normal seperti biasa.

Simak 5 catatan kriminal anggota teroris KKB ini di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Daftar Kejahatan Pimpinan KKB Toni Tabuni yang Tewas Ditembak!':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT